Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII3 MTsN Kamang Tahun Pelajaran 2018/2019

Ridha Fauza Majbur, 2412058 (2019) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII3 MTsN Kamang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover ridha-fauza-majbur-2412.058-.pdf

Download (92kB)
[img] Text
abstrak ridha-fauza-majbur-2412.058-.pdf

Download (75kB)
[img] Text
ad965-ridha-fauza-majbur-2412.058-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika.Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam belajar, siswa jarang mengajukan pertanyaan dan ketika guru bertanya dengan soal yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, siswa hanya terdiam saja, hal ini dikarenakan siswa kurang mengerti dengan yang dimaksudkan dalam soal tersebut.Selain itu, ketuntasan nilai ujian MID semester matematika siswa belum tuntas, yaitu nilai hasil belajar sebagian siswa belum mencapai nilai di atas KKM (≥ 72). Sebagian besar siswa tidak bisa menyampaikan ide-ide matematika secara tulisan melalui gambar, grafik, diagram atau sebaliknya dan siswa kurang mampu memberikan penjelasan, ide dan konsep matematika dengan bahasa sendiri.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII3 MTsN Kamang Tahun Pelajaran 2018/2019?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII3 MTsN Kamang tahun pelajaran 2018/2019 pada materi relasi dan fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VIII3 MTsN Kamang yang berjumlah 26 orang.Data yang dikumpulkanberupatesberbentukuraian dan hasil wawancara dengan beberapa siswa. Sebelum tes diberikan kepada kelas subjek, tes diuji cobakan pada kelas selain kelas subjek.Teknik analisis dengan mengkoversikan nilai, menyajikan data, mendeskripsikan dan menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis hasil tes diperoleh kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong kategori rendah dengan nilai rata-rata 59,15. Jika didistribusikan, 11,54 % untuk kategori tinggi berjumlah 3 orang siswa, 23,08 % untuk kategori sedang berjumlah 6 orang dan 65,38 % untuk kategori rendah berjumlah 17 orang siswa.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Kemampuan, Komunikasi Matematis, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 05 Nov 2025 07:25
Last Modified: 05 Nov 2025 07:25
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item