Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas VII SMPN 1 X KOTO Tahun Pelajaran 2018/2019

Mardiana Fitri, 2413136 (2019) Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas VII SMPN 1 X KOTO Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover mardiana-fitri-2413.136.pdf

Download (26kB)
[img] Text
abstrak mardiana-fitri-2413.136.pdf

Download (8kB)
[img] Text
57838-mardiana-fitri-2413.136.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya belajar matematika siswa, hal ini terlihat dari persentase ketuntasan nilai ulangan harian (UH) di kelas VII SMPN 1 X KOTO berada antara 16,7 % sampai 46,15 % . Hal ini diduga disebabkan oleh pembelajaran yang masih monoton, dimana proses pembelajaran didominasi oleh guru. Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan teknik pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN I X KOTO tahun pelajaran 2018/2019 . Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN I X KOTO tahun pelajaran 2018/2019”. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 sampai kelas VII 4 SMPN 1 KOTO. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas serta uji kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar matematika (tes akhir). Berdasarkan analisis hasil tes hasil belajar matematika pada taraf nyata ?=0,05 dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 2,68 dan ttabel=1.68, thitung > ttabel. Sedangkan dengan menggunakan Minitab diperoleh Pvalue= 0,005 yang artinya Pvalue = 0,005 yang artinya Pvalue<α pada taraf nyata α=0.05, sehingga berdasarkan hasil tersebut tolak H0 dan terima H1. Jadi dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 1 X KOTO.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Hasil Belajar Matematika siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 06 Nov 2025 04:05
Last Modified: 06 Nov 2025 04:05
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item View Item