Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Menggunakan Model Pembelajaran Trefinger pada Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Kajai Kabupaten Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2019/2020

Latifah Zahara, 2415025 (2020) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Menggunakan Model Pembelajaran Trefinger pada Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Kajai Kabupaten Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
648fe-skripsi-pdf-latifah-zahara cover.pdf

Download (14kB)
[img] Text
648fe-skripsi-pdf-latifah-zahara abstrak.pdf

Download (266kB)
[img] Text
648fe-skripsi-pdf-latifah-zahara full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Kajai, Kabupaten Pasaman Barat, Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini terlihat dari rata-rata persentase hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah yang disebabkan karena dalam pelaksanaannya guru masih mendominasi proses pembelajaran sehingga siswa kurang mampu untuk mengkontruksi pemikirannya sendiri. Siswa hanya menerima apa yang disampaikan guru meskipun belum paham maksud dari penjelasan guru. Hal ini mengakibatkan siswa sulit mengerjakan soal yang non rutin terutama soal cerita. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran treffinger. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran treffinger lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTs Muhammadiyah Kajai, Kabupaten Pasaman Barat, Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Kajai Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 64 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang terdiri dari 4 buah soal essay. Teknik analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis adalah dengan menggunakan uji t dengan bantuan Software Minitab. Berdasarkan analisis data, dengan taraf nyata diperoleh nilai thitung = 4,45dan ttabel = 1,68. Karena thitung>ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Serta dengan menggunakan Software Minitab diperoleh nilai P-value = 0,0007. Karena P-value <a maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran treffinger lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTs Muhammadiyah Kajai, Kabupaten Pasaman Barat, Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Trefinger
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:32
Last Modified: 26 Jun 2025 07:32
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item View Item