Kebiasaan Belajar Siswa Yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib di MAN 4 Agam

Zikra Silvia Wati, 2613080 (2017) Kebiasaan Belajar Siswa Yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib di MAN 4 Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover zikra-silvia-wati-s.pd.pdf

Download (102kB)
[img] Text
abstrak zikra-silvia-wati-s.pd.pdf

Download (237kB)
[img] Text
09522-zikra-silvia-wati-s.pd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kebiasaan belajar siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib di MAN 4 Agam. Latar belakang peneliti melakukan penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan yang ditemui dilokasi penelitian mengenai kebiasaan belajar siswa yang mengukuti kegiatan ekstrakurikuler wajib . Peneliti menemukan ada beberapa siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib memiliki kebiasaan belajar yang buruk. Siswa siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib sering kurang konsentrasi dalam belajar, tidak memperhatikan guru menerangkan, berbicara saat guru menerangkan, terlambat dalam mengumpulkan tugas, membuat tugas di sekolah, tidak mengulang pelajaran di rumah, lesu dalam belajar, kurangnya motivasi dalam belajar, tidur dalam kelas dan lebih aktif pada kegiatan ekstrakurikuler dari pada belajar Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yakni peneliti terjun langsung kelapangan atau lokasi penelitian untuk mendapatkan data yang sesuai dengan masalah yang diteliti. Dalam pembahasan ini digunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, yakni menjelaskan kenyataan berdasarkan data apa adanya, kemudian diolah dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 4 Agam. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah sisa yang mengikuti kegiatan ektrakurikuler wajib yakni kelas X dan XI yaitu sebanyak 210 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dari penelitian ini diambil Proportionate Stratified Random sampling sebanyak 52 orang. Berdasarkan hasil analisis angket peneliti ditemukan bahwa pada sub variabel membaca dan membuat catatan dengan persentase 68% pada kategori baik, pada sub variabel mengulangi bahan pelajaran dengan persentase 66,3% pada kategori baik, pada sub variabel konsentrasi dengan persentase 59,1% pada kategori cukup, pada sub variabel mengerjakan tugas dengan persentase 71,4 pada kategori baik, dan pada sub variabel pembuatan jadwal dan pelaksanaannya dengan persentase 66,26% dengan kategori baik. Persentase rata-rata keseluruhan sebesar 66,2% dengan kategori baik.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 06 Nov 2025 04:06
Last Modified: 06 Nov 2025 04:06
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item