Kemandirian Siswa Setelah Mengikuti Konseling Perorangan di SMKN1 Kec. Guguak

Zora Anita Dewi, 2611009 (2017) Kemandirian Siswa Setelah Mengikuti Konseling Perorangan di SMKN1 Kec. Guguak. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover ZORA ANITA DEWI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
abstrak ZORA ANITA DEWI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
fulltext ZORA ANITA DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Setiap individu memiliki tingkat kemandirian yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kemandirian yang tinggi dan ada yang rendah. Adapun ciri-ciri seseorang yang memiliki kemandirian, yaitu memahami diri sendiri dan lingkungan sebagaimana adanya, menerima diri sendiri dan lingkungan secara positif dan dinamis, mengambil keputusan untuk diri sendiri, mengarahkan diri sesuai dengan keputusan itu dan mewujudkan diri secara optimal sesuai dengan potensi, bakat dan kemampuan yang dimilikinya.Penelitian ini beranjak dari fenomena yang sering terjadi di sekolah yaitu sering bolos, cabut, memakai celana pensil dan masih banyak lagi yang melanggar aturan sekolah lainnya. Hal itu dilakukan karena siswa takut kepada temannya sehingga tidak mampu menolak dan memutuskan untuk tetap mengikuti segala aturan yang ada di sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar kemandirian siswa setelah mengikuti konseling perorangan di SMKN 1 Kec. Guguak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan menggambarkan, memaparkan, dan menafsirkan kejadian-kejadian sesuai dengan fakta yang diperoleh yang hasilnya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti konseling perorangan di SMKN 1 Kec. Guguak, yang berjumlah 50 orang. Sampel penelitian ini adalah 50 orang yang diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket skala Likert. Teknik analisis data menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 20 Hasil penelitian diperoleh bahwa persentase skor rata-rata untuk semua indikator ialah 72,13% dengan standar deviasi 1.06 dengan kategori tinggi, dan untuk masing-masing indikator ialah: indikator mengenal diri sendiri dan lingkungan sebagaimana adanya sebesar 66.25% dengan standar deviasi 1.12 yang tergolong pada kategori tinggi, persentase skor rata-rata untuk indikator Menerima diri sendiri dan lingkungan secara positif dan dinamis sebesar 74.46% dengan standar deviasi 1.02 yang tergolong pada kategori tinggi, persentase skor rata-rata untuk indikator mengambil keputusan untuk diri sendiri sebesar 75.35% dengan standar deviasi 1.05 yang tergolong pada kategori tinggi, persentase skor rata-rata untuk indikator mengarahkan diri sesuai dengan keputusan itu sebesar 71.12% dengan standar deviasi 1.11 yang tergolong pada kategori tinggi, persentase skor rata-rata untuk indikator mewujudkan diri secara optimal sesuai dengan potensi, bakat dan kemampuan yang dimilikinya sebesar 73.47% dengan standar deviasi 1.02 yang tergolong pada kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa siswa SMKN1 Kec. Guguak memiliki kemandirian yang tinggi setelah mengikuti konseling perorangan dan mampu secara mandiri dalam mengentaskan permasalahan yang dialaminya

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 07 Nov 2025 04:46
Last Modified: 07 Nov 2025 04:46
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/706

Actions (login required)

View Item View Item