Media Novita, 2614076 (2018) Pengaruh Konsep Diri Terhadap Motivas Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Muaro Paneh Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover Media Novita.pdf Download (65kB) |
|
|
Text
abstrak Media Novita.pdf Download (80kB) |
|
|
Text
fulltext Media Novita.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Siswa yang memiliki konsep diri yang rendah terhadap diri sendiri mempunyai keyakinan dan memandang dirinya lemah dan bersikap pesimis terhadap kompetensi yang dimilikinya. latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki konsep diri yang cenderung rendah terhadap diri sendiri,dan siswa memiliki motivasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konsep diri terhadap motivasi belajar siswa. Penilitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat korelasi yaitu tipe penilitian yang bertujuan melihat dan mendeskripsikan pengaruh antara dua variabel penelitian. Populasi berjumlah ١٩٤ orang, sampel berjumlah ٤٩ orang. Data dikumpulkan menggunakan angket memakai skali Likert, Pengkolerasian variabel penelitian menggunakan rumus r product moment, koefisien determinan, persamaan regresi, dan regresi sederhana dengan teknik analisis data menggunakan SPSS Versi ٢٤.٠٠ Hasil korelasi dapat diketahui rhitung ٠,٥٧٣ > rtabel ٠,٢٨٨ dengan degree of freedom (Df) ٤٧ pada taraf signifikan ٠,٠٥. Berdasarkan hasil penelitian maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka diperoleh gambaran bahwa terdapat pengaruh konsep diri terhadap motivasi belajar siswa di madrasah tsanawiyah muaro paneh dalam korelasi “sedang”, yang terletak antara antara ٠.٤٠-٠.٥٩٩. setelah melakukan perhitungan maka diperoleh nilai koefisien determinasi=٣٢,٨٣٢٩٪. Berdasarkan nilai tersebut dapat diartikan variansi variabel motivasi belajar dipengaruhi sebesar ٣٢,٨٣٢٩٪ oleh konsep diri, sementara ٦٧,١٦٧١ ditentukan oleh faktor lain. Sedangkan persamaan regresinya yaitu, y = ٧٨,٦٢٢ + ٠,٥٠٣x dan hasil uji regresinya yaitu kontribusi konsep diri terhadap motivasi belajar sebesar ٣,٢٩٪, hasil uji F yaitu ٢٣.٠١٢ dengan sig ٠,٠٠ < ٠,٠٥ dari tabel F yaitu ٢,٨٠ dengan alfa ٠,٠٥ artinya terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Muaro Paneh Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh konsep diri terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Muaro Paneh Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Dari hasil penilitian ini diharapkan kepada siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Muaro Paneh untuk dapat meningktakan lagi konsep diri agar memiliki motivasi belajar yang baik sehingga mendapatkan hasil belajar yang baik, kepada peneliti sendiri semoga apa yang sudah ditulis dapat menambah wawasan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | X= Konsep Diri, Y= Motivasi Belajar |
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 03:21 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 03:21 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

