Hubungan Pemahaman Siswa Tentang Peraturan Sekolah dengan Penyesuaian Diri Kelas VIII Di SMPN 2 Kamang Magek

Mirna Wahyuni, 2613143 (2018) Hubungan Pemahaman Siswa Tentang Peraturan Sekolah dengan Penyesuaian Diri Kelas VIII Di SMPN 2 Kamang Magek. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover MIRNA WAHYUNI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
abstrak MIRNA WAHYUNI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
fulltext MIRNA WAHYUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman merupakan kemampuan untuk menangkap makna atau cara memahami atau memahamkan sesuatu, termasuk untuk memahami isi peraturan yang ada di sekolah agar bisa menyesuaikan diri dengan baik. Penulisan ini beranjak dari fenomena di lapangan bahwa pemahaman terhadap peraturan sekolah itu sendiri belum dapat terlaksana dengan baik. Pada dasarnya siswa mengetahui peraturan yang berlaku di sekolah, hal ini terlihat dari pengetahuan siswa tentang hal-hal yang bertentangan dengan peraturan sekolah, kenyataannya masih ada siswa yang bertingkah laku tidak sesuai dengan peraturan yang ditetapkan. Hal ini terlihat masih banyaknya siswa yang datang terlambat, menghidupkan hand phone dalam proses PBM, berpakaian tidak sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh sekolah, berambut panjang bagi laki-laki, dan memakai sepatu selain warna hitam . Dengan adanya sanksi bagi yang melanggar, belum semua siswa dapat menjalani dan menerimanya. Sehingga menimbulkan perasaan tidak senang ketika menjalani sanksi dan hukuman. Hal ini menunjukkan adanya ketidakmampuan siswa dalam melakukan pemahaman terhadap peraturan sekolah. Peneliti ini tergolong pada penelitian kuantitatif yang bersifat korelasi yaitu menghubungkan dua variabel yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Kamang Magek dengan jumlah 61 orang. Sampel penelitian sejumlah 61 orang siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling. Data dikumpulkan dengan menngunakan instrumen angket dan skala Likert. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan secara Excell menggunakan Statistical Product and Service solution (SPSS) Versi 22.00 Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : 1) terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman siswa terhadap peraturan sekolah dengan penyesuaian diri siwa kelas VIII SMPN 2 Kamang Magek, 2) hasil uji korelasi diketahu rhitung sebesar 0,529 dan rtabel dengan Degre of Freedom (DF) 59 diperoleh angka 0,256 pada taraf signifikan 0,05. Dapatdiketahui bahwa angka indeks korelasi (rxy) 0,259 dan rhitung > dari pada rtabel yaitu 0,529, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jika dilihat pada tabel pedoman interpretasi Produc Moment dapat disimpulkan bahwa 0,529 terletak pada (0.40-0.599) maka berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa terdapat hubungan dalam korelasi sedang. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada siswa SMPN 2 Kamang Magek kelas VIII agar meningkatkan lagi pemahaman terhadap peraturan sekolah supaya tidak ditemukan lagi pelanggaran-pelanggaran yang sering dilakukan sebelumnya sehingga penyesuaian dirinya lebih baik.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 10 Nov 2025 03:21
Last Modified: 10 Nov 2025 03:21
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item View Item