Sindi Wulandari, 2613031 (2018) Hubungan Bimbingan Karir Terhadap Pemahaman Diri Siswa Kelas XII Di SMK Gajah Tongga Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover sindi-wulandari-2613.031.pdf Download (15kB) |
|
|
Text
abstrak sindi-wulandari-2613.031.pdf Download (80kB) |
|
|
Text
5db3b-sindi-wulandari-2613.031.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Bimbingan karir adalah proses membantu siswa/konseli dalam hal memahami dirinya, memahami lingkungannya khususnya lingkungan berupa dunia kerja, menentukan pilihan kerja dan akhirnya membantu menyusun rencana untuk mewujudkan keputusan yang diambilnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa setiap tahun siswa yang lulus dari SMK gajah tongga banyak yang langsung dapat pekerjaan, namun pekerjanya tidak sesuai dengan jurusan yang diambilnya, dalam memilih jurusan siswa ada yang atas kehendak orang tua, siswa masih bingung memilih pekerjaan apa yang cocok terhadap dirinya setelah lulus dari SMK, siswa masih bingung memilih antara bekerja atau melanjut keperguruan tinggi setelah lulus dari SMK, pemahaman diri siswa terlihat belum seperti yang diharapkan dan terdapat hubungan bimbingan karir dengan pemahaman diri siswa. Penelitian ini bertujuaan untuk mengungkapkan adakah hubungan bimbingan karir terhadap pemahaman diri siswa kelas XII di SMK Gajah Tongga Bukittinggi dan seberapa besar hubungan bimbingan karir terhadap pemahaman diri siswa kelas XII di SMK Gajah Tongga Bukittinggi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kolerasi dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bimbingan karir dan variabel terikat adalah pemahaman diri. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 55 orang. Sampel penelitian sejumlah 55 orang siswa yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Data dikumpul dengan menggunakan instrumen skala Likert dan teknik analisis data menggunakan statistik sederhana. Pengkolerasian variabel penelitiaan menggunkan rumus rProduct Moment, dengan teknik analisis data menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan karir terhadap pemahaman diri siswa kelas XII di SMK Gajah Tongga Bukittinggi. Ini dibuktikan dengan diterimanya Ha dan ditolaknya HOyang terlihat dari hasil perhitungan rhitungbesar dari rtabeldengan taraf signifikan 0,05. Dimana nilai rhitungadalah 0,509 > rtabeladalah0,271. Dilihat dari tabel rhitung yang diperoleh adalah 0,509 terletak antara 0,40-0,599 maka diperoleh interpretasi bahwa bimbingan karir memiliki kolerasi sedang atau cukup terhadap pemahaman diri siswa kelas XII di SMK Gajah Tongga Bukittinggi. Sedangkan besar hubungan bimbingan karir terhadap pemahaman diri siswa kelas XII di SMK Gajah Tongga Bukittinggi terlihat dari nilai koefisien determinasi antara variabel bimbingan karir (X) dan pemahaman diri (Y) sebesar 25,9%. Angka ini menunjukkan bahwa 25,9% bimbingan karir dipengaruhi oleh pemahaman diri siswa, selebihnya ditentukan oleh hal lainnya seperti: status ekonomi keluarga, minat orang tua dan kondisi sosial masyarakat.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 03:21 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 03:21 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

