Hubungan Perhatian Orangtua dengan Kecerdasaan Emosional Siswa Kelas X SMAN 4 Bukittinggi

Olivia Devi Verdiana, 2614187 (2018) Hubungan Perhatian Orangtua dengan Kecerdasaan Emosional Siswa Kelas X SMAN 4 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover olivia-d-v.pdf

Download (18kB)
[img] Text
abstrak olivia-d-v.pdf

Download (18kB)
[img] Text
c5b25-olivia-d-v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan, bahwa ada sebahagian orangtua kadang mendampingi anak dalam belajar, orangtua telah memberikan perhatian tetapi anak tetap saja melawan serta suka marah-marah tidak menentu serta orangtua sibuk bekerja, sebagian siswa yang kurang mampu mengontrol emosi diri seperti mengeluarkan tutur kata yang kurang sopan, sehingga menimbulkan pertengkaran yang tidak terselesaikan dengan baik, siswa yang kurang bertanggung jawab pada dirinya dan siswa kurang empati terhadap sesama ataupun guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar hubungan perhatian orangtua dengan kecerdasaan emosional siswa kelas X SMAN 4 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi yang diambil yaitu seluruh siswa kelas X yang berjumlah 90 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proposional random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen (angket skala likert). Teknik analisis data menggunakan product moment dan dibantu aplikasi Statistic Packages For Social Science (SPSS) versi 22.0 for Windows. Dari penelitian ini diperoleh rxy sebesar 0.468, sementara dari rtabel degree of freedom (df) 88 diperoleh angka 0.207, pada taraf signifikan ? 0,05. Maka dapat diketahui bahwa > dari pada , sehingga dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara positif antara perhatian orangtua dengan kecerdaaan emosional siswa kelas X SMAN 4 Bukittinggi, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Angka indeks korelasi (rxy) 0,468 > dari pada yaitu 0,207 ini terletak antara 0,40-0,70 dapat diperoleh interpretasi bahwa perhatian orangtua memiliki korelasi “sedang” dengan kecerdasaan emosional siswa kelas X SMAN 4 Bukittinggi. Angka tersebut menunjukan bahwa 0,219% perhatian orangtua mempengaruhi kecerdasaan emosional siswa, dan selebihnya ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi perhatian orangtua maka akan tinggi pula kecerdasaan emosional siswa,dan sebaliknya makin rendah perhatian orangtua maka makin rendah pula kecerdasaan emosional dialami siswa kelas X SMAN 4 Bukittinggi. Maka diharapkan pada orangtua hendaknya meningkatkan jumlah dan kualitas pemberian perhatian positif pada anak, karena dengan pemberian perhatian positif maka akan dapat meningkatkan kecerdasaan emosional siswa.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology
H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:11
Last Modified: 11 Nov 2025 03:11
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item View Item