Pengaruh Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Bukittinggi

Zahratul Khairi, 2614141 (2018) Pengaruh Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-zahratul-khairi-2614.141.pdf

Download (18kB)
[img] Text
abstrak skripsi-zahratul-khairi-2614.141.pdf

Download (14kB)
[img] Text
24876-skripsi-zahratul-khairi-2614.141.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Cara belajar siswa sangat besar pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Kualitas cara belajar akan menentukan kualitas hasil belajar yang diperoleh. Berdasarkan fakta di lapangan yang peneliti amati di SMP Negeri 1 Bukittinggi, peneliti melihat bahwa cara belajar sebagian siswa kurang memiliki kemauan bekerja keras untuk meraih keberhasilan/ hasil belajar yang tinggi, sebagian mereka hanya belajar saat menghadapi ujian, adanya sebagian siswa sering keluar masuk kelas, sewaktu proses pelajaran berlangsung banyak yang tidak konsentrasi. Pada saat diskusi jarang aktif, dan jarang bertanya kepada guru atau teman tentang hal yang tidak dipahami, dan tidak mencatat hal-hal penting yang dijelaskan oleh guru, serta jarang masuk perpustakaan. Cara belajar yang baik akan menyebabkan berhasilnya belajar, sebaliknya cara belajar yang buruk akan menyebabkan kurang berhasil atau gagalnya belajar. Buruknya cara belajar merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar atau prestasi sehingga menyebabkan menurunnya mutu pendidikan. Faktor cara belajar yang buruk merupakan penyebab masih cukup banyaknya siswa yang sebenarnya kurang pandai tetapi mampu meraih hasil belajar yang tinggi karena mempunyai cara belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Bukittinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Field Research melalui pendekatan kuantitatif jenis korelasional yaitu mengumpulkan data langsung dari lapangan atau lokasi penelitian. Populasinya adalah siswa kelas VIII dan kelas IX SMP Negeri 1 Bukittinggi. Jumlah sampel sebanyak 51 orang yang dipilih dengan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan jenis Skala Likert. Data di analisis dengan menggunakan teknik regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 73,302, sedangkan Ftabel sebesar 4,040, artinya 73,302 > 4,040. Berdasarkan perhitungan kriteria diatas, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh variabel cara belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Bukittinggi. Sementara itu besarnya pengaruh variabel cara belajar tehdap hasil belajar adalah sebesar 59,9%, dan sebesar 40,1% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:12
Last Modified: 11 Nov 2025 03:12
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item View Item