Olvi Amelina, 2614212 (2018) Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Melalui Layanan Informasi Di Kelas VII SMPN1 Candung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover olvi-amelina-pdf.pdf Download (10kB) |
|
|
Text
abstrak olvi-amelina-pdf.pdf Download (19kB) |
|
|
Text
563c1-olvi-amelina-pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kecemasan siswa menghadapi ujian dapat mengganggu pelaksanaan ujian yang dilaksanakan oleh siswa. Mengurangi kecemasan siswa dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan layanan informasi. Sesuai dengan fenomena yang terjadi di SMPN 1 Candung, pemberian layanan informasi untuk mengurangi kecemaan menghadapi ujian belum pernah diberikan oleh guru BK. Sehingga tujuan penelitian ini untuk melihat perbedaan kecemasan siswa menghadapi ujian sebelum diberikan perlakuan, dan juga melihat apakah terjadi pengurangan kecemasan siswa menghadapi ujian setelah diberikan perlakuan yaitu layanan informasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan the static group comparison design yaitu rancangan ini menggunakan dua kelompok. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 137 orang. Sampling yang digunakan adalah sampling purposive yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan-pertimbangan dan tujuan tertentu, sehingga sampel pada penelitian ini untuk kelompok kontrol sebanyak 31 orang dan kelompok eksperimen sebanyak 26 orang. Pengumpulan data menggunakan angket mengenai kecemasan siswa menghadapi ujian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan untuk uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon dan mann whitney u. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pretest dan posttest kelompok kontrol nilai asymp sig 0,634 > 0,05 maka ditolak dan diterima. Maka kecemasan siswa tidak berkurang dalam menghadapi ujian pada kelompok kontrol sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) tanpa diberikan perlakuan layanan informasi di kelas VII SMPN 1 Candung. Pretest dan posttest kelompok eksperimen terdapat nilai asymp sig 0,000 < 0,05 maka diterima dan ditolak. Maka kecemasan siswa berkurang dalam menghadapi ujian pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diberikan perlakuan layanan informasi di kelas VII SMPN 1 Candung. Posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen terdapat nilai asymp sig 0,000 < 0,05 maka diterima. Sehingga kecemasan siswa berkurang dalam menghadapi ujian pada kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan layanan informasi dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan layanan informasi di kelas VII SMPN 1 Candung
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 04:14 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 04:14 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

