Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Komunikasi Siswa DI SMP N 1 Kamang Magek

Fitri Handayani, 2613087 (2018) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Komunikasi Siswa DI SMP N 1 Kamang Magek. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover fitri-handayani.pdf

Download (17kB)
[img] Text
abstrak -fitri-handayani.pdf

Download (36kB)
[img] Text
bd686-fitri-handayani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Layanan Bimbingan Kelompok diharapkan dapat membantu siswa dalam mengembangkan komunikasi siswa. Di SMP Negeri 1 Kamang Magek siswa belum memahami makna komunikasi saat berbicara dengan yang lebih tua, sama besar dan yang lebih kecil dalam pembelajaran, dan sering membantah perkataan orang yang lebih tua. Layanan bimbingan kelompok belum sepenuhnya terlaksana karena kurangnya jam khusus BK yang diberikan sekolah. Serta kegiatan lanjutan dari layanan Bimbingan Kelompok jarang terselenggarakan. Maka tujuan penelitian ini melihat dan mengetahui komunikasi siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan bimbingan kelompok untuk mengembangkan komunikasi siswa. Komunikasi ialah suatu proses pengiriman pesan atau simbol-simbol yang mengadung arti dari seorang komunikator kepada komunikan dengan tujuan tertentu. Dalam komunikasi terdapat suatu proses, simbol-simbol mengandung arti. Arti atau makna simbol di sini tentu saja tergantung pada pemahaman dan persepsi komunikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre eksperimen. Model one group pretest dan posttest, dimana jenis penelitian ini pada prinsipnya tidak dapat mengontrol validitas internal dan ekternal secara utuh, yakni eksperimen yang dirancang hanya melibatkan satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding serta diberikan pretest sebelum diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah 6 kelas yang berjumlah 123 orang. Sampel penelitian sebanyak 10 orang siswa yang ditetapkan dengan menggunakan teknik non random sampling. Alat pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data mengunakan uji-t dan pengolahan data menggunakan Statiscal Product and Service (SPSS) versi 22.00 Dari perhitungan hasil skor angket yang diolah menggunakan SPSS versi 22.00 diperoleh hasil dalam mengembangkan komunikasi siswa sebelum perlakuan (preetest) diperoleh mean 141,70 ini tergolong kriteria sedang. Sedangkan setelah perlakuan (posttest) meannya menjadi 154,20 ini tergolong kriteria tinggi. Hasil uji T-test diketahui bahwa nilai menunjukkan perbedaan antara nilai pre-test dengan post-test, dimana nilai harga 1,902 lebih besar dari 1,833 dengan df 9 pada taraf siggnifikan 0,05 maka Ho ditolak, dengan demikian penerapan layanan bimbingan kelompok efektif terhadap komunikasi siswa di SMP N 1 Kamang Magek.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 12 Nov 2025 02:49
Last Modified: 12 Nov 2025 02:49
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item View Item