Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Bahan Dasar yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2024

Mayona Putri, 3421025 (2025) Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Bahan Dasar yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2024. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Mayona Putri 3421025 cover.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Mayona Putri 3421025 abstrak.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Mayona Putri 3421025 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar Pengaruh Corporate Sosial Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Bahan Dasar Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2024. Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya aktivitas Corporate Social Responsibility yang menurun dan kurangnya kesadaran untuk meningkatkan tanggung jawab dan profitabilitas yang menggambarkan kinerja pada sebuah perusahaan untuk meningkatkan harga saham perusahaan selama 4 tahun terakhir yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas dapat mempengaruhi Nilai Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis datanya yaitu data sekunder yang diakses melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mecari perusahaan manufaktur sektor bahan dasar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) . Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 68 dari 17 perusahaan selama periode 4 tahun. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji simultan, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa pada variabel Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan yang dibuktikan dengan hasil uji t-hitung > t-tabel yaitu 2,396 > 1,672 dengan nilai sig 0,020 < 0.05. Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap niai perusahaan yang dibuktikan dengan hasil uji t-hitung < t-tabel yaitu 0,598 < 1,672 dengan nilai sig 0,553 > 0.05. Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan yang dapat dibuktikan dengan hasil uji F hitung > F tabel yaitu 3,049 > 2,7664 dengan nilai sig 0,055< 0.05.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Nilai Perusahaan
Subjects: H Ilmu Sosial > HD Industri. Pemanfaatan lahan. Tenaga kerja > HD60 Social responsibility of business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:26
Last Modified: 13 Nov 2025 04:26
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item