Ira Wahyuni, 2120030 (2025) Komparatif Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Tanya Jawab dengan Diskusi pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Al Ihsan Pegambiran Pasaman Barat. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Ira Wahyuni 2120030 cover.pdf Download (146kB) |
|
|
Text
Ira Wahyuni 2120030 abstrak.pdf Download (188kB) |
|
|
Text
Ira Wahyuni 2120030 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas VIII Mts Al- Ihsan Pegambiran Pasaman Barat masih berada dibawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Tanya Jawab Dan Diskusi Pada Pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di Mts Al Ihsan Pegambiran Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen atau eksperimen semu dengan tipe The Static Group Comparison atau Randomized Control Group Only Design yang dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksprimen dan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII yang berjumlah 125 siswa. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode diskusi dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol menggunakan metode tanya jawab yang berjumlah 54 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes objektif berupa pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbandingan hasil belajar siswa menggunakan metode tanya jawab dengan diskusi pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di Mts Al- Ihsan Pegambiran Pasaman Barat. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis t-test di peroleh hasil signifikan 0, 001< 0, 05. Selenjutnya di nilai dari rata-rata kelas post-test kelas eksperimen sebesar 81, 30769 dan untuk kelas kontrol di peroleh 70, 42857. Maka dapat di simpulkan bahwa kelas yang menerapkan metode diskusi memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi di bandingkan dengan rata-rata kelas yang menerapkan metode tanya jawab.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Metode Diskusi, Metode Tanya Jawab, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 06:25 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 06:25 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

