Meliana Tiangur Harahap, 3521030 (2025) Analisis Penerapan Strategi Channel Digital dalam Meningkatkan Daya Saing di Penginapan Teras Bumi Sikabu, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Meliana Tiangur Harahap 3521030 cover.pdf Download (47kB) |
|
|
Text
Meliana Tiangur Harahap 3521030 abstrak.pdf Download (105kB) |
|
|
Text
Meliana Tiangur Harahap 3521030 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh industri pariwisata memiliki peran strategis dalam perekonomian Indonesia dengan efek multiplier yang mampu menggerakkan berbagai sektor ekonomi lainnya. Dalam era digitalisasi ini, pemasaran melalui media sosial khususnya Instagram telah menjadi channel yang efektif untuk industri perhotelan, namun implementasinya masih memerlukan optimalisasi yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menerapkan Strategi Channel Dalam hal saluran distribusi atau promosi, penjualan, serta pengelolaan feedback di Penginapan Teras Bumi Sikabu serta hambatan yang dialami dalam system teknologi digital yang diteraplan oleh penginapan Teras Bumi Sikabu saat ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data yang digunakan ialah data primer dan sekunder, kemudian data akan di analisa dengan metode analisisis deskriptif, analisis SWOT dan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penginapan Teras Bumi Sikabu telah menerapkan strategi channel yang cukup efektif melalui integrasi multi-platform dengan Instagram sebagai platform utama, didukung oleh TikTok dan WhatsApp sebagai channel booking. Kekuatan utama penginapan terletak pada konsep natural dan autentik, kolaborasi strategis dengan influencer, sistem komunikasi terintegrasi, serta keunggulan visual dan lokasi. Namun, terdapat beberapa kelemahan seperti keterbatasan pengelolaan multi-platform media sosial, tidak tersedianya sistem feedback management, keterbatasan operasional customer service, dan kapasitas terbatas saat high demand. Hambatan utama yang dialami adalah keterbatasan sumber daya manusia yang kompeten di bidang digital marketing, keterbatasan sistem dan tools digital, serta budget yang tersedia untuk investasi teknologi. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan strategi channel yang lebih komprehensif dengan memanfaatkan berbagai platform digital dan peningkatan kapasitas SDM dalam pengelolaan teknologi digital.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Srategi Channel, Industri Pariwisata, Media Sosial, Instagram, Penginapan, Analisis SWOT, Teras Bumi Sikabu |
| Subjects: | G Geografi, Antropologi. Rekreasi > GV Recreation Leisure H Ilmu Sosial > HD Industri. Pemanfaatan lahan. Tenaga kerja > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 08:14 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 08:14 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

