Pembinaan Akhlak Melalui Metode Pembiasaan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SLB Amanah Bunda Sitapung Ampek Angkek Kab. Agam

Rika Septiana Sari, 20116009 (2018) Pembinaan Akhlak Melalui Metode Pembiasaan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SLB Amanah Bunda Sitapung Ampek Angkek Kab. Agam. Magister thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
TESIS FULLTEXT RIKA SEPTIANA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rika Septiana Sari, Nim. 20116009. Menulis Tesis yang Berjudul “ Pembinaan Akhlak Melalui Metode Pembiasaan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SLB Amanah Bunda Sitapung Ampek Angkek Kab. Agam “. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan akhlak anak thunagratiha yang masih buruk. Pembiasaan dalam pendidikan amat dibutuhkan bagi anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Karena daya pikirnya yang lambat membuat mereka sering lupa dengan pelajaran yang dipelajarinya. Tetapi dengan melakukan pembiasaan, mereka akan lebih mudah melakukan aktifitas dengan baik karena praktek secara lansung akan menjadi kebiasaan apabila dilakukan secara berulang-ulang. Pembiasaan juga tak kalah pentingnya dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena setiap pengetahuan atau tingkah laku yang diperoleh dengan pembiasaan akan sangat sulit mengubah atau menghilangkannya. Sehingga cara ini amat berguna dalam mendidik anak sejak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SLB Amanah Bunda Sitapung Ampek Angkek. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunnya dalam satuan, mengkategorikannya, memeriksa keabsahan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : Pelaksanaan pembinaan akhlak di SLB Amanah Bunda terimplementasikan ke dalam program rutinitas dan insindental yang menjadi keharusan bagi peserta didik. Pembiasaan meliputi disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan, disiplin dalam bersikap, disiplin dalam beribadah, mengucapkan salam dan berjabat tangan kepada guru ketika bertemu, membaca asmaul husna, tadarus Al-Qur`?n, sholat ?uha berjamaah, Tata cara shalat, hafalan doa sehari-hari beserta ayat pendek, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, muha?arah dan upacara bendera di hari senin, hidup bersih dan ekstrakurikuler kesenian dan keagamaan dan social anak terhadap sesama manusia baik kepada orang tua, saudara, adik, teman, guru dan masyarakat.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Magister)
Keywords: Pembinaan, Akhlak, Pembiasaan dan Anak Tunagrahita
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam S2
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:25
Last Modified: 02 Jul 2025 07:25
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item View Item