Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Etika Berkomunikasi Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Di SMA Semen Padang

Putri Maulida, 2613023 (2018) Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Etika Berkomunikasi Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Di SMA Semen Padang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover 2613.023-putri-maulidia.pdf

Download (16kB)
[img] Text
abstrak 2613.023-putri-maulidia.pdf

Download (6kB)
[img] Text
0bdd2-2613.023-putri-maulidia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Etika berkomunikasi adalah cara berkomunikasi yang sesuai dengan standar nilai akhlak, bagaimana seseorang berkomunikasi sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku ditengah masyarakat atau golongan tertentu. Hasil Pengamatan awal di SMA Semen Padang menunjukkan fenomena seperti siswa masuk kelas tidak mengucapkan salam, siswa yang suka melawan ketika Guru Mata Pelajaran menegur, siswa yang izin keluar kelas tidak menggunakan bahasa yang baik dan benar, banyak siswa yang tidak sopan saat bertanya di dalam kelas, banyak siswa yang tidak santun ketika berbicara atau ketika bercakap-cakap dengan guru. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode sosidorama terhadap etika berkomunikasi siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten di SMA Semen Padang. Penelitian ini tergolong penelitian pra eksperimen model One Group Pretest Postest Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Semen Padang yang berjumlah 83 orang, sedangkan sampel peneliti ini dilakukan atas instruksi dari guru pembimbing di sekolah dengan tujuan siswa yang telah ditunjuk oleh guru pembimbing tersebut diharapkan mampu memiliki etika berkomunikasi yang baik dan benar. Sampel yang ditentukan oleh guru pembimbing yaitu kelas X IPS 2. Alat pengukuran data adalah angket. Teknik analisis data uji-t dengan menggunakan Statistic Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Dari perhitungan diperoleh deskripsi etika berkomuniksi siswa sebelum dilakukan layanan penguasaan konten dengan metode sosiodrama memiliki ratarata 119,00. Setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan metode sosiodrama memiliki skor rata-rata 138,62. Perbedaan nilai pretest dan posttest diketahui dari hasil nilai statistik non parametrik wilcoxon menunjukkan perbedaan antara nilai pretest dengan nilai postest, pernyataan ini berdasarkan nilai sig (2-tailed) lebih kecil dari pada taraf signifikan 0,05, yaitu 0,000

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BJ Ethics
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
P Bahasa dan Sastra > P Filologi, Linguistik > P87 Komunikasi, Media Massa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:58
Last Modified: 24 Nov 2025 02:58
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item View Item