Tiara, 2615088 (2020) Efektivitas Pelaksanaan Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Self Image Siswa di SMP N 1 Kecamatan Harau. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-tiara-2615088.pdf Download (14kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-tiara-2615088.pdf Download (137kB) |
|
|
Text
6abbe-skripsi-tiara-2615088.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Self Image atau citra diri adalah bagaimana cara kita memahami dan menilai diri kita sendiri. Sesuai dari fenomena yang terjadi beberapa siswa merasa kurang mampu melakukan sesuatu padahal belum dilakukan, merasa kurang yakin dengan bakat yang dimilikinya, siswa kurang memiliki semangat hidup lebih khususnya dalam pelajaran, siswa merasa lebih rendah diri dan pesimis, pemberian layanan konseling kelompok untuk meningkatkan self image siswa sebelumnya belum pernah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan layanan konseling kelompok terhadap peningkatan self image siswa di SMP N 1 Kecamatan Harau. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini kelas VIII 2 dan VIII 3 SMP N 1 Kecamatan Harau yang berjumlah 63 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa yang diambil melalui Purposive Sampling. Maka sampel ini diambil berdasarkan kategori sedang, rendah dan sangat rendah dalam self image. Instumen yang digunakan adalah skala pengukuran. Uji hipotesis untuk membedakan hasil pre test dengan hasil post test menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks. Sedangkan untuk membedakan hasil post test dengan post test menggunakan uji Mann Whitney Dari perhitungan maka diperoleh hasil untuk kelompok eksperimen memiliki rata-rata 74,30. Setelah diberikan perlakuan meningkat menjadi 131,90. Sedangkan kelompok kontrol hasil rata-rata pre test 83,40 dan hasil rata-rata post test 83,40 tidak meningkat karena tidak diberikan perlakuan. Penghitungan dari uji statistik menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks pada kelompok eksperimen menunjukkan bahwa terdapat efektivitas konseling kelompok terhadap peningkatan self image siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai zhitung < ztabel = -2,807 < -1,598, nilai (-)ztabel menyesuaikan dengan nilai zhitung yang ada. Kemudian hasil uji Wilcoxon Signed Ranks pada kelompok kontrol didapatkan hasil zhitung > ztabel = -0,431 > -1,598 sehingga Ho diterima. Artinya konseling kelompok yang tidak diberikan kepada siswa tidak meningkatkan self image siswa. Hasil dari uji Mann Whitney yang membedakan antara post test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di dapatkan nilai zhitung -3,785 < ztabel -1,598 yang artinya layanan konseling kelompok efektif untuk meningkatkan self image siswa. Oleh karena itu, dari hasil penelitian ini diharapkan guru BK dapat melaksanakan konseling kelompok dengan efektif agar meningkatkan self image siswa. Hendaknya para siswa juga dapat memanfaatkan konseling kelompok dengan baik agar terbentuknya self image yang positif
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1027.5 Bimbingan dan Konseling Siswa L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1620.4 Bimbingan dan Konseling Siswa Sekolah Menengah L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:58 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 02:58 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

