Implementasi Peran Guru dalam Model Pembelajaran Critical Thinking pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VIII SMPN 5 Bukittinggi

Raihan Oktafiano, 2121029 (2025) Implementasi Peran Guru dalam Model Pembelajaran Critical Thinking pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VIII SMPN 5 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Raihan Oktafiano 2121029 cover.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Raihan Oktafiano 2121029 abstrak.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Raihan Oktafiano 2121029 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tujuan guru Pendidikan agama islam dan budi perkerti di kelas VIII SMPN 5 Bukittinggi, agar siswa mempunyai wawasan, dan mempunyai sikap kritis. Alasan guru tersebut menggunakan model pembelajaran Critical Thingking pada pembelajaran PAI dan budi perkerti adalah agar siswa tersebut bisa mengambil keputusan dan berfikir secara kritis tentang materi yang dipelajarin serta materi untuk selanjutnya, dan menggunakan metode diskusi. Mengimplementasikan model pembelajaran critical thingking ini dengan melihat kerjasama antara siswa dalam melaksanakan diskusi serta melihat dari segi tanggung jawab siswa tersebut, tantanganya adalah kurangnya kesiapan siswa dimana siswa smp masih kurang paham terhadap metode diskusi atau berfikir kritis ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun informan dalam penelitian ini Guru PAI yang menerapkan Model Pembelajaran Critical Thinking Kelas VIII Di SMP N 5 Bukittinggi. Serta seluruh siswa kelas VIII dan kepala sekolah SMP N 5 Bukittinggi.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mengimplementasikan peran guru dalam model pembelajaran critical thingking di kelas VIII SMPN 5 bukittinggi ini masih belum 100% siswa yang suka dalam pelaksanaan model pembelajaran ini, serta materi juga tidak semua nya cocok dalam melakukan model pembelajaran critical thingking ini.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Implementasi, Guru, Model Pembelajaran, Critical Thinking, SMPN 5 Bukittinggi
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 20 Nov 2025 07:53
Last Modified: 20 Nov 2025 07:53
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item