Lathifatur Rasyidah, 2121027 (2025) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Arends terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI Kelas VIII di Pondok Pesantren Ashhabul Yamin Lasi Tuo. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Lathifatur Rasyidah 2121027 cover.pdf Download (24kB) |
|
|
Text
Lathifatur Rasyidah 2121027 abstrak.pdf Download (243kB) |
|
|
Text
Lathifatur Rasyidah 2121027 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar peserta didik kelasVIII padamata pelajaran SKI di Pondok Pesantren AshhabulYamin Lasi Tuo. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada pendidik dan rendahnya partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah keaktifan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Time Token Arends lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada mata pelajaran SKI kelas VIII Pondok Pesantren Ashhabul Yamin Lasi Tuo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, sedangkan metode penelitian adalah eksperimen semu (Quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Variabel penelitianini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas (x) dan variabel terikat (y), dengan variabel bebas yaitu model pembelajaran Time Token Arends dan variabel terikat yaitu Keaktifan belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Pondok Pesantren Ashhabul Yamin Lasi Tuo tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 242 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas VIII.6 yang berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah yang sama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes angket. Hasil penelitian ini digambarkan secara umum, pembelajaran SKI dengan menggunakan model pembelajaran Time Token Arend memberikan pengaruh positif terhadap keaktifan belajar peserta didik. Terlihat berdasarkan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 20 for Windows, pada α = 0,05 didapatkan nilai signifikan 0,000 dan nilai tersebut < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Time Token Arends terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VIII di Pondok Pesantren Ashhabul Yamin Lasi Tuo.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran, Time Token Arends, Keaktifan |
| Subjects: | L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 08:15 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 08:15 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

