Interaksi Sosial Siswa Korban Bullying di SMAN 1 Tanjung Raya

Nita Yusniar, 2615076 (2020) Interaksi Sosial Siswa Korban Bullying di SMAN 1 Tanjung Raya. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-gabungan-nita.pdf

Download (236kB)
[img] Text
abstrak skripsi-gabungan-nita.pdf

Download (72kB)
[img] Text
f2ab0-skripsi-gabungan-nita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan merupakan tempat bersosialisai yang memiliki peran penting bagi siswa untuk bisa berinteraksi. Interaksi sosial siswa dapat dilihat melalui pergaulan atau hubungan sosialnya, baik itu interaksi siswa dengan orang tua, guru, maupun teman bermainnya. Bentuk-bentuk interaksi sosial yaitu kerja sama, persaingan, persesuaian dan perbedaan. Siswa yang menjadi korban bullying akan memiliki kesulitan untuk berinteraksi sosial dengan temannya. Siswa yang menjadi korban bully akan merasa minder dan tidak percaya diri serta perasaan takut akan dijahili sehingga membuat siswa kesulitan berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman-temannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana interaksi siswa yang menjadi korban bully. Metodologi penelitian digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu dengan menggambarkan kejadian yang terjadi dilapangan. Wawancara yang peneliti lakukan kepada informan kunci adalah siswa korban bullying dan informan pendukungnya wali kelas dan guru BK yang dapat memberikan informasi-informasi yang akan dikembangkan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, display data, verifikasi data, sedangkan teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi data yang diartikan sebagai teknik pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data yang telah ada. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa dari bentuk-bentuk interaksi sosial yaitu kerja sama, dalam hal kerja sama siswa tersebut lebih suka melakukan ataupun mengerjakan sesuatu dengan cara sendirian. Dilihat dari segi persaingan bahwa dalam meningkatkan nilai belajarnya siswa berusaha untuk belajar dengan giat dan bersungguh-sungguh serta mencoba untuk bersaing secara sehat agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Berdasarkan dari bentuk persesuaian dapat dilihat bahwa siswa kurang peduli dengan hal apa saja yang terjadi dan bersikap acuh tak acuh terhadap sekitar lingkungan sekolahnya. Dilihat dari bentuk perbedaan, terindikasi bahwa siswa sebenarnya merasa kesulitan untuk bisa menyesuaikan diri dengan teman yang tidak di sukainya.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Interaksi Sosial, Bullying
Subjects: H Ilmu Sosial > HV Social pathology. Social and public welfare > HV6773 Cyberbullying
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1027.5 Bimbingan dan Konseling Siswa
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah
H Ilmu Sosial > HM Sosiologi (Umum) > HM1001 Psikologi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:57
Last Modified: 24 Nov 2025 02:57
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item View Item