Yolita Pratiwi, 2415088 (2020) Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match di Kelas VIII MTsN 1 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
bced7-1.-skripsi-bab-i-bab-v cover.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
bced7-1.-skripsi-bab-i-bab-v abstrak.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
bced7-1.-skripsi-bab-i-bab-v full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa dikelas VIII MTsn 1 Bukittinggi yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75%. Proses pembelajarannya masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Kurangnya keaktifan siswa menjadi salah satu permasalahan yang ditemui dimana guru kesulitan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Selain itu, siswa juga merasa bosan dan tidak tertarik dalam belajar matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat digunakan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe index card match pada pembelajaran matematika. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe index card match lebih baik daripada pembelajaran konvesional di kelas VIII MTsN 1 Bukittinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe index card match lebih baik daripada pembelajaran konvesional di kelas VIII MTsN 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Bukittinggi kecuali kelas unggul yaitu kelas VIII 1, VIII 6, VIII 7 dan VIII 9. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 10 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 8 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes hasi belajar matematika siswa kelass VIII MTsN 1 Bukittinggi. Dari analisi data, hasil tes akhir matematika dihitung dengan menggunakan uji-t. Diperoleh dan . Karena maka ditolak dan diterima, serta dengan menngunakan Minitab diperoleh yang artinya Pvalue< α dengan taraf nyata α = 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar matematika siswa yang mengikuti strategi pembelajaran aktif tipe index card match lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional di kelas VIII MTsN 1 Bukittinggi”.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:23 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 04:23 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/93 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |