Bima Miftahul Risqa, 2615192 (2020) Peningkatan Kemampuan Pembuatan Mind Mapping Siswa Menggunakan Layanan Penguasaan Konten di SMA N 5 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover bima-miftahul-risqa.pdf Download (150kB) |
|
|
Text
abstrak bima-miftahul-risqa.pdf Download (72kB) |
|
|
Text
7e447-bima-miftahul-risqa.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini beranjak dari fenomena terdapatnya kesulitan dalam pembuatan Mind Mapping dalam segi menghubungkan cabang pertama dan cabang kedua dalam Mind Mapping sering memakai garis lurus dalam membuat Mind Mapping, yang pada hal garis yang digunakan garis melengkung. Kemudian siswa kesulitan dalam mengembangkan imajinasi serta kurang terlatih dalam membuat Mind Mapping sehingga timbul siswa tersebut tidak memiliki bakat dalam pembuatan Mind Mapping. Untuk itu peneliti memakai Layanan Penguasaan Konten kepada siswa supaya mendapatkan hasil yang optimal dalam pebuatan Mind Mapping Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Pembuatan Mind Mapping Siswa Menggunakan Layanan Penguasaan Konten di SMA N 5 Bukittinggi. Penelitian ini tergolong penelitian Pre Exsperimental Design model One Group Pretest Posttest Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 163 orang, sedangkan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling, yaitu Purpusive Sampling yaitu cara pengambilan sampel dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA I yang siswanya berjumlah 35 orang. Alat pengumpulan data adalah instrumen Soal-soal. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon Ranks Test sedangkan pesyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi22. Dari pengolahan data yang telah dilakukan terdapat perbedaan antara nilai Pretest dengan nilai Posttest. Dari hasil Test Statistic diketahui hasil nilai Zhitung sebesar 4,910 sementara Ztabel sebesar 1,645. Maka dapat diketahui Zhitung > Ztabel yaitu 4,910>1,645 sehingga ada perbedaan rata-rata nilai tes antara sebelum diberikan perlakuan kepada siswa dalam kemampuan pembuatan Mind Mapping dan setelah diberikan perlakuan kepada siswa dalam kemampuan pembuatan Mind Mapping sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Sedangkan berdasar dari hasil Asymp.Sig (2-Tailed) diperoleh nilai sebesar (0,000) yang berarti lebih kecil dari Alpha (0,05). Maka dapat dikatakan bahwa Layanan Penguasaan Konten dapat meningkatkan pembuatan Mind Mapping Siswa di SMA N 5 Bukittinggi.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Mind Mapping, Layanan Penguasaan Konten |
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:57 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 02:57 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/930 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

