Welmawati, 2121026 (2025) Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 7 Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Welmawati 2121026 cover.pdf Download (20kB) |
|
|
Text
Welmawati 2121026 abstrak.pdf Download (227kB) |
|
|
Text
Welmawati 2121026 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa kelas VII di MTsN 7 Agam yaitu media pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yang kurang bervariasi, kurang antusias dalam belajar dan tidak memperhatikan guru, siswa seringkali mengobrol dengan teman sebangkunya diluar materi pembelajaran, siswa juga merasa kesulitan memahami materi yang disampaikan hal ini terlihat saat guru memberikan pertanyaan kepada siswa, lebih senang berada diluar kelas, serta cepat merasa bosan dan sering mengantuk. Dan setelah ditelusuri ternyata guru fiqih di MTsN 7 Agam masih menggunaan media pembelajaran yang belum pernah menggunakan multimedia interaktif berbasis articulate storyline ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap motivasi berlajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 7 Agam. Peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di kelas VII MTsN 7 Agam yang berjumlah 252 siswa. sampel yang digunakan peneliti adalah siswa kelas VII.2 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII.3 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample t tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap motivasi belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil uji independent sample t test yaitu dengan sig (2-tailed) 0,000 > 0,05, dari hasil penelitian tersebut dinyatakan ada pengaruh multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap motivasi belajar siswa. sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Multimedia, Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Motivasi Belajar |
| Subjects: | L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 04:15 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 04:15 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

