Jerni Aswana Defin, 2121025 (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Genially terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTsN 7 Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Jerni Aswana Defin 2121025 cover.pdf Download (21kB) |
|
|
Text
Jerni Aswana Defin 2121025 abstrak.pdf Download (124kB) |
|
|
Text
Jerni Aswana Defin 2121025 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini diangkat dari permasalahan yang terjadi ketika peneliti melihat penggunaan media pembelajaran. Guru sudah menggunakan berbagai media pembelajaran. Media yang sering digunakan seperti papan tulis dan media yang menggunakan teknologi juga sudah ada seperti power point dan video pembelajaran tetapi belum sepenuhnya menggunakan media terbaru. Penggunaan media pembelajaran di sekolah tersebut cukup bervariasi namun, belum efektif digunakan dalam meningkatkan minat belajar siswa Hal ini ditandai dengan siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi, siswa seringkali mengobrol dengan teman sebangku, siswa yang sering izin keluar karena jenuh ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal ini berdampak pada rendahnya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsn 7 agam menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis genially. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh dari perlakuan tertentu terhadap yang lainnya dalam kondisi yang dikendalikan. Penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok tanpa adanya kelompok pembanding atau kelompok kontrol, kelas yang diteliti yaitu kelas VII.4 yang terdiri dari 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis genially memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa kelas VII MTsN 7 Agam. Dari hasil perhitungan pre-test diperoleh nilai rata-rata 127,16. Sedangkan hasil perhitungan post-test memiliki nilai rata 161,41, jadi Selisih pre-test dan post-test sebesar 34,25 point. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis genially berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN 7 Agam.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif Genially, Minat Belajar |
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 04:21 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 04:21 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/942 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

