Aflah Mufidah Yazid Nst, 2121149 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Siabu Kab. Mandailing Natal. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Aflah Mufidah Yazid Nst 2121149 cover.pdf Download (199kB) |
|
|
Text
Aflah Mufidah Yazid Nst 2121149 abstrak.pdf Download (875kB) |
|
|
Text
Aflah Mufidah Yazid Nst 2121149 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Siabu. Hal ini diakibatkan karena model pembelajaran yang dipakai guru PAI masih berpusat kepada guru dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penggunaan model ini dalam proses pembelajaran mengakibatkan siswa kurang semangat, jenuh dan kurang aktif atau partisipasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing promting terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Siabu Kab. Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode Post-test Only Nonequivalent Control Group. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Siabu Kab. Mandailing Natal pada kelas VIII semester genap tahun ajaran 2025/2026 dengan menggunakan 2 kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol berjumlah 22 siswa dan kelas eksperimen berjumlah 22 sisiwa. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes berupa soal pilhan berganda. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji instrumen penelitian (uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda), uji deskriptif statistis, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan uji-T mengunakaan bantuan program SPSS 26. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil hipotesis yang diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05. Oleh karena itu,H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran probing promting terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Siabu Kab. Mandailing Natal.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Model Probing Promting, Hasil Belajar, Peserta Didik |
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 04:48 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 04:48 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

