Pelaksanaan Pendekatan Scientific pada Mata Pelajaran PAI di SDN 07 Belakang Balok Kota Bukittinggi

Armanida, 2113037 (2017) Pelaksanaan Pendekatan Scientific pada Mata Pelajaran PAI di SDN 07 Belakang Balok Kota Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
COVER skripsi-armanida.pdf

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK skripsi-armanida.pdf

Download (13kB)
[img] Text
d5f20-skripsi-armanida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendekatan scientific merupakan proses pembelajaran yang menggunakan proses berpikir ilmiah. Pembelajaran dengan pendekatan scientific harus berpusat pada siswa. Berdasarkan observasi awal, penulis melihat pembelajaran PAI sering berpusat pada guru. Hal ini disebabkan materi dalam buku pegangan siswa yang simple. Selain itu, untuk menerapkan pembelajaran dengan pendekatan scientific membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan dalam kurikulum 2013 pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa. Mengingat pendekatan scientific dalam kurikulum 2013 baru dilaksanakan maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang pelaksanaan pendekatan scientific pada mata pelajaran PAI di SDN 07 Belakang Balok Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendekatan scientific pada mata pelajaran PAI di SDN 07 Belakang Balok Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informannya adalah satu orang guru PAI sebagai informan kunci dan kepala sekolah serta siswa-siswi kelas IV sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis mengolah data dengan menggunakan teknik analisa deskriptif analitik, yaitu data yang diperoleh dituangkan dalam bentuk kata-kata. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa langkah yang dilakukan guru PAI kelas IV di SDN 07 Belakang Balok Kota Bukittinggi melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan scientific sudah diterapkan dengan baik, mulai dari perencanaan yang terlihat dari guru mempersiapkan kebutuhan pembelajaran, mulai dari perangkat pembelajaran dan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Pada pelaksanaannya guru melaksanakan langkah-langkah pendekatan scientific, yaitu dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengomunikasikan. Terlihat banyak siswa yang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran dengan aktif bertanya dan mencari informasi tentang materi yang belum diketahui. Peneliti melihat bahwa guru PAI di kelas IV sudah bertindak sebagai fasilitator, pembimbing, dan pengarah dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendekatan scientific pada mata pelajaran PAI di SDN 07 Belakang Balok terlaksana sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam kurikulum 2013

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > LA Sejarah pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 27 Nov 2025 00:58
Last Modified: 27 Nov 2025 00:58
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item