Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Karakter Mandiri Anak Autis di SLB Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman

Ali Imran, 2120093 (2025) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Karakter Mandiri Anak Autis di SLB Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Ali Imran 2120093 cover.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Ali Imran 2120093 abstrak.pdf

Download (465kB)
[img] Text
Ali Imran 2120093 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini adalah bahwa anak autis merupakan anak yang mempunyai hambatan perkembangan mental, emosi dan interaksi sosial. sehingga memerlukan penanganan khusus pada proses pembelajaran pendidkan Agama Islam dalam pembinaan karakter mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan karakter mandiri anak autis dan mengetahui faktor penyebab lambatnya kemandirian anak autis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, informan dalam penelitian ini yaitu Guru PAI di SLB Negeri 1 Panti, dua orang wali kelas, waka kurikulum dan kepala sekolah SLB Negeri 1 Panti. data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1 penyusunan program pembelajaran pendidikan agama islam dalam pembinaan karakter mandiri anak autis dilakukan dengan cara menyiapkan materi yang tepat, metode yang tepat, dan evaluasi pembelajaran. 2 Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam dalam pembinaan karakter mandiri anak autis dilakukan dengan cara penanaman nilai akhlak dengan menggunakan metode demonstrasi dan Tanya jawab langsung. proses pembelajaran dilaksanakan dengan berpedoman pada : materi pelajaran, metode, tujuan dan evaluasi pembelajaran. 3 faktor penyebab lambatnya kemandirian anak autis disebabkan oleh beberapa hal seperti kebiasaan anak autis meminta bantuan orang lain, pengaruh teman, guru yang kurang memahami karakter anak autis dan kurangnya arahan dari orang tua dalam pembinaan karakter mandiri anak autis.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Pembinaan, Kemandirian, Anak Autis
Subjects: L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC3950 Anak berkebutuhan khusus, Pendidikan khusus
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC251 Pendidikan karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 26 Nov 2025 02:45
Last Modified: 26 Nov 2025 02:45
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item