Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMAN 7 Solok Selatan

Desperi Sumardi, 2113042 (2017) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMAN 7 Solok Selatan. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
COVER DESPERI SUMARDI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
ABSTRAK DESPERI SUMARDI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
FULLTEXT DESPERI SUMARDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa penulis melihat banyak siswa dan siswi SMAN 7 Solok Selatan yang tidak memiliki semangat untuk belajar di sekolah, seperti banyak siswa pada jam pelajaran yang sering izin keluar secara bergantian, banyak siswa yang tidak memperhatikan guru dalam proses pembelajaran, banyak siswa yang cabut dalam pembelajaran, dan dalam segi materi pun banyak siswa yang tidak mengerti apa yang disampaikan oleh guru tersebut. Adapun tujuan penelitian ini Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 7 Solok Selatan. Berdasarkan permasalahan diatas maka penulis merumuskan masalahnya “seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 7 Solok Selatan, dan berdasarkan hipotesis penulis yaitu terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 7 Solok Selatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di SMAN 7 Solok Selatan dengan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi dan analisis regresi linear sederhana yaitu untuk mengetahui besar pengaruh suatu variabel bebas (independent) terhadap suatu variabel tak bebas (dependent) dan untuk mengetahui hubungan variasi dalam sebuah variabel dengan variasi yang lain. Populasi dalam penelitian ini 308 orang di SMAN 7 Solok Selatan, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu 77 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh kompetensi padagogik guru PAI terhadap motivasi belajar siswa adalah kurang atau lemah, hal ini dibuktikan dengan indeks korelasi sebesar rxy 0,24 berkisar antara 0,20 – 0,40 dalam bentuk korelasi yang positif. sedangkan “rt” masing-masing pada taraf signifikansi 5% adalah 0,227 dan pada taraf signifikansi 1% adalah 0,296. Dengan demikian ternyata rxy lebih besar dari pada r tabel (rxy > r tabel) baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% karena rxy > r tabel, maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru Pai dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
H Ilmu Sosial > HM Sosiologi (Umum) > HM1001 Psikologi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 27 Nov 2025 01:07
Last Modified: 27 Nov 2025 01:07
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item View Item