Pelaksanaan Program Tahfizh Al-Qur’an Di SMA Negeri 2 Padang Panjang

Riska Sahara, 2114.131 (2018) Pelaksanaan Program Tahfizh Al-Qur’an Di SMA Negeri 2 Padang Panjang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (15kB)
[img] Text
d597a-riska-sahara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB) | Request a copy

Abstract

RISKA SAHARA, NIM 2114.131 Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (IAIN) Bykittinggi skripsi ini Berjudul “Pelaksanaan Program Tahfizh Al-Qur’an Di SMA Negeri 2 Padang Panjang”. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program tahfizh Al-Qur’an serta persiapan dan evaluasi Program tahfizh Al-Qur’an di SMA 2 Padang Panjang. SMA Negeri 2 Padang Panjang adalah salah satu lembaga Pendidikan yang memiliki kegiatan ekstrakulikuler program tahfizh Al-Qur’an. Motivasi penulis dalam membahas judul ini dilatarbelakangi bahwasanya SMA Negeri 2 Pandang Panjang merupakan satu lembaga pendidikan umum yang memiliki program tahfizh Al-Qur’an yang harus diikuti siswa. Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan di SMA Negeri 2 Padang Panjang. Penulis melihat masih banyak siswa yang tidak serius ketika menghafal Al-Qur’an. Dari observasi ini penulis melihat dari 30 siswa hanya 10 orang yang menyetor hafalannya dengan baik dan tepat pada waktu yang telah ditentukan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis sangat tertarik untuk melakukan penelitian lebih jauh tentang pelaksanaan program tahfizh Al-Qur’an di SMA Negeri 2 Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan kejadian-kejadian yang terdapat di lapangan dengan apa adanya. Pengumpulan data penulis lakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah 3 0rang Pembina tahfizh dan beberapan siswa sebagai informan pendukung. Data dianalisis dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data serta untuk mengukur keabsahan data dengan triagulasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah lakukan dapat disimpulkan bahwa dalam persiapan program tahfizh penulis melihat kurangnya motivasi, waktu dan kedisiplinan untuk siswa. Dalam pelaksanaan program tahfizh tidak ada menggunakan metode khusus, dan kurangnya pembina tahfizh ,sehingga siswa merasa tidak dikontrol dan kurang bersemangat dalam mencapai target yang telah ditentukan. Jenis evaluasi yang digunakan dalam program tahfizh ini adalah menggunakan evaluasi objektifitas. Solusi untuk permasalahan di atas adalah mengadakan pelatihan atau training motivasi menghafal Al-Qur’an bagi siswa sehingga siswa bersemangat lagi dalam program ini. Dan mendatangkan pembina dari luar serta menghafal diluar ruangan agar siswa merasakan motivasi dan semangat baru.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 03 Jul 2025 08:01
Last Modified: 03 Jul 2025 08:01
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item View Item