Peranan (MGMP) Musayawarah Guru Mata Pelajaran PAI dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di SMA/SMK Kabupaten Lima Puluh Kota

Putri Nurjannah, 2115170 (2019) Peranan (MGMP) Musayawarah Guru Mata Pelajaran PAI dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di SMA/SMK Kabupaten Lima Puluh Kota. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-lengkap-putri-nurjannah.pdf

Download (169kB)
[img] Text
abstrak skripsi-lengkap-putri-nurjannah.pdf

Download (172kB)
[img] Text
81941-skripsi-lengkap-putri-nurjannah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy

Abstract

Musyawarah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam disingkat MGMP PAI adalah wadah kegiatan profesional untuk membina hubungan kerja sama secara koordinatif dan fungsional antara sesama guru Pendidikan Agama Islam yang bertugas pada SLTP dan SLTA. Dimana masih adanya guru di SMA/SMK Kabupaten Lima Puluh Kota yang belum memenuhi standar pendidik dan tenaga kependidikan dan juga kurangnya pendidikan dan pelatihan bagi guru PAI dalam hal meningkatkan kompetensi guru sebagai guru PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI SMA/SMK Kabupaten Lima Puluh Kota serta mendeskripsikan mengetahui kendala-kendala dalam MGMP. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yang terdiri dari: observasi, interview/wawancara. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri untuk mendapatkan fokus penelitian dan instrumen pendukung adalah pedoman wawancara, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif yaitu dijabarkan dengan kata- kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperolah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MGMP PAI telah berperan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI SMA/SMK Kabupaten Lima Puluh Kota yang meliputi kompetensi melaksanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, mengembangkan kurikulum, mengembangkan media pembelajaran, mengelola kelas, melaksanakan penilaian, evaluasi proses dan hasil belajar. Kendala yang dihadapi MGMP PAI dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI SMA/SMK Kabupaten Lima Puluh Kota adalah kurangnya kedisiplinan anggota dalam mengikuti kegiatan atau program MGMP, keterbatasan sumber dana kegiatan MGMP dan belum optimalnya dukungan dari sekolah tempat guru PAI bertugas.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Pendidikan Agama Islam (PAI), Kompetensi Pedagogoik.
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB2801 Administrasi dan organisasi sekolah
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1775 Bimbingan Vokasi, Pelatihan Guru
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:36
Last Modified: 04 Dec 2025 02:36
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item View Item