Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kec, Akabiluru Tahun Pelajaran 2019/2020

Annisa, 2416008 (2020) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kec, Akabiluru Tahun Pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
1a021-skripsi-annisa-2416008- cover.pdf

Download (63kB)
[img] Text
1a021-skripsi-annisa-2416008- abstrak.pdf

Download (120kB)
[img] Text
1a021-skripsi-annisa-2416008- full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri 1 Kec. Akabiluru yaitu sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal berbentuk uraian dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII.1 dalam pembelajaran matematika masih rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan distribusi pemecahan masalah matematika siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kec. Akabiluru Tahun Pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan distribusi pemecahan masalah matematika siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kec. Akabiluru Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kec. Akabiluru Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, berupa data sekunder yaitu penilain harian siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan prosedur penskoran pemecahan masalah, tabulasi data, menentukan kategori kemampuan pemecahan masalah, menyajikan data, mendeskripsikan dan menarik kesimpulan dari penilaian harian. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dalam menjawab soal penilaian harian pada materi segitiga dan segiempat kelas VII.1 yang terdiri dari 3 soal, yaitu rata-rata keseluruhan siswa kelas VII.1 yaitu 41,23% kategori sedang. Untuk distribusi pemecahan masalah terdapat 1 siswa (5,26%) berada pada kategori sangat tinggi, 2 siswa (10,53%) berada pada kategori tinggi, 5 siswa (26,32%) berada pada kategori sedang, 10 siswa (52,63%) berada pada kategori rendah, dan 1 siswa (5,26%) berada pada kategori sangat rendah.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 04 Jul 2025 08:53
Last Modified: 04 Jul 2025 08:53
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/114

Actions (login required)

View Item View Item