Perancangan Media Pembelajaran Berbasis 3D pada Mata Pembelajaran Informatika Kelas VII SMPN 1 Sungai Pua

Tia Rahmawati Br Ginting, 2520046 (2025) Perancangan Media Pembelajaran Berbasis 3D pada Mata Pembelajaran Informatika Kelas VII SMPN 1 Sungai Pua. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Tia Rahmawati Br Ginting 2520046 cover.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Tia Rahmawati Br Ginting 2520046 abstrak.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Tia Rahmawati Br Ginting 2520046 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini latar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SMPN 1 Sungai Pua. Pada proses pembelajaran guru menyampaikan materi menggunakan masih menggunakan media cetak.beliau mengatakan bahwa Ketika proses belajar mengajar berlangsung terdapat beberapa siswa yang kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran. Mengajar guru mata informatika masih menggunakan metode ceramah dan menggunakan LKS( lembar kerja siswa) dan buku paket dari sekolah Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai bagaimana Perancangan Media Pembelajaran Berbasis 3D Pada Mata Pembelajaran Informatika kelas VII SMPN 1 Sungai Pua mempengaruhi guru dalam menyampaikan pembelajaran di sekolah. dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana perancangan Media Pembelajaran Berbasis 3D Pada Mata Pembelajaran Informatika kelas VII SMPN 1 Sungai Pua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) versi Model pengembangan Hannafin and Peck akan aplikasikan pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis 3D ini dirancang memiliki kriteria yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat uji validitas, prakalitas,dan efektivitas. Hasil uji validitas dilakukan oleh 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Hasilnya diperoleh dengan rata-rata sebesar “0,84”dengan kategori “valid”. Aspek prakilitas memperoleh nilai “3,86” dengan kategori “sangat tinggi”. Hasil uji efektivitas memperoleh nilai sebesar “0,0054” dengan kategori “sedang”.Berdasarkan hasil dari uji validitas,prakalitas,dan efektivitas dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis 3D layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran informatika.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Media Pembelajaran Berbasis 3D, Pembelajaran Informatika
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 08 Dec 2025 01:16
Last Modified: 08 Dec 2025 01:17
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1158

Actions (login required)

View Item View Item