Ummil Fatzah, 2515013 (2019) Desain Aplikasi Go-Guji (Guru Ngaji) Berbasis Android. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
66934-ummil-fatzah-2515013-cover.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
66934-ummil-fatzah-2515013-abstrak.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
66934-ummil-fatzah-2515013-full.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah belajar mengaji atau baca tulis Al-Quran sejak usia dini bertujuan untuk mengenal Allah SWT, beriman kepada-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Keingginan untuk belajar mengaji atau baca tulis Al-Qur‟an bagi peserta didik masih kurang, dan masih banyaknya dari peserta didik yang memutuskan untuk berhenti mengaji dan tidak melanjutkannya hingga katham atau diwisudanya. Padahal, dengan belajar mengaji dapat membentuk pendidikan karakter berbasis Al-Quran untuk bekal anak-anak dikemudian hari, dan terbentuknya akhlak terpuji dengan ciri-ciri karakter muslim sejati yang berguna bagi Agama dan Negaranya sendiri. Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini ialah pertama, untuk menuju ke MDTA ada beberapa faktor kendala seperti siswa yang berpamitan dari rumah kepada orangtua untuk pergi ke MDTA padahal ditengah jalan singgah di warnet untuk bermain game online, maandi ke sungai dan duduk di warung dekat MDTA daripada berada dalam ruangan mengaji. Kedua, sebagian besar peserta didik di MDTA adalah anak-anak umur 5 sampai 12 tahun, sehingga orang dewasa yang ingin kembali belajar mengaji merasa cangguang kalau harus bergabung dengan anak-anak. Ketiga, lokasi MDTA yang terlalu jauh dari tempat tinggal sering dijadikan alasan bagi anak-anak untuk tidak pergi mengaji. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze-Design-Develop-Implement-Evaluate). Dalam penelitian ini penulis menggunakan model pengembangan SDLC (System Development Life Cycle). Model SDLC yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah model Waterfall, tahapannya Requirements Definition, Design, Coding, Testing dan Maintenance. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis berhasil membuat produk penelitian ini yaitu desain Aplikasi Go-Guji (Guru Ngaji) Berbasis Android. Hasil uji validitas dari 3 orang expert diperoleh nilai 0.81yang dinyatakan valid, sedangkan untuk uji praktikalitas dari 3 orang praktisi diperoleh nilai 87 yang dinyatakan Sangat praktis. dan untuk uji efektifitas diperoleh nilai 0.84 yang dinyatakan sangat efektif. Saran Desain aplikasi Go-Guji ini disarankan dapat menampung kapasitas Guji dan pengguna jasa yang lebih besar sehingga aplikasi ini bisa digunakan oleh banyak orang.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Aplikasi, Go-Guji (Guru Ngaji), Android |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 03:10 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 03:10 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |