Muhammad Ilyas, 2515023 (2019) Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Teladan Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
9cf07-55.muhammad-ilyas cover.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
9cf07-55.muhammad-ilyas abstrak.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text
9cf07-55.muhammad-ilyas full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Animasi 3D merupakan perkembangan animasi 2D Dengan animasi 3D karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud sebenarnya dari suatu objek yang dibuat. Animasi 3D akan dimodelkan dan dimanipulasi oleh animator.Salah satu software yang dapat menghasilkan animasi 3D adalah sketcup adalah salah satu software yang mempunyai fungsi dalam desain garfis model 3D yang digunakan dan dirancang untuk para profesional dibidang teknik sispil,arsitektur,dalam pembunian game,film,dan rancangan yang terkait didalamnya. Autodesk3sd Max adalah sebuah perangkat lunakvektor 3 demensi dan aniamsi, ditulis oleh aotodesk media dan Entertaiment. Perangkat lunak dikembangkan dari pendahulunya 3D studio DOS tetapi untuk platform Win32. Merupakan salah satu software pengolah gambar ,grafik,surara,input, dan lainnya uang ditunjuk untuk membuat suatu game, meskipun tidak selamanya untuk game fiturnya lengkap, ringan,update-nya cepat,serta memiliki komunitas tebuka yang akan membantu para pengguna diseluruh dunia untuk saling bertukar pikiran, Hal ini yang membuatnya makin menarik untuk dicoba. Berdasarkan dari latar belakang tersebut,penulis ingin merancang media pembelajaran Berbasis Aughmented realty pada mata pelajaran biologi di SMA NEGRI 3 Teladan Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembanagn atau Research End Development (R&D) model 4-D (Four-1) yaitu define, design, development dan dissement, Model pengembanagn multimedia yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembanagn multimedia versi luther Sutopo yang terdiri dari 6 tahap yaitu, concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pada penelitian ini peneliti menggunakan tahap penelitian yang mengkombinasikan anatara4-D dan model pengembanagn multimedia versi luther sutopo. penelitian ini juga menggunakan penilaian uji validasi,praktikalitas,efektifitas.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Berbasis Augmented Reality, Mata Pelajaran Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:53 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:53 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |