Pengaruh Model Pembelajaran MURDER terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Fase E di SMA N 1 Lembah Melintang

Atsari Fitria, 2420099 (2024) Pengaruh Model Pembelajaran MURDER terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Fase E di SMA N 1 Lembah Melintang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Atsari Fitria 2420099 cover.pdf

Download (431kB)
[img] Text
Atsari Fitria 2420099 abstrak.pdf

Download (764kB)
[img] Text
Atsari Fitria 2420099 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X Fase E di SMA N 1 Lembah Melintang. Selain itu proses pembelajaran yang dilakukan guru yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga kurangnya keaktifan siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X Fase E di SMA N 1 Lembah Melintang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X Fase E di SMA N 1 Lembah Melintang. Adapun hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X Fase E di SMA N 1 Lembah Melintang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Fase E di SMA N 1 Lembah Melintang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sebelum itu terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XE2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XE4 sebagai kelas kontrol. Instrumen Penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung=5,08 dan ttabel=1,67. Sedangkan menggunakan Software Minitab diperoleh PValue=0,000. Karena thitung>ttabel dan PValue<α dengan taraf nyata α=0,05 maka tolak H0. Jadi kesimpulannya adalah "Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran MURDER terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X Fase E di SMA N 1 Lembah Melintang".

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Model Pembelajaran MURDER, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB 1027.8 Teaching (Pengajaran)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 18 Dec 2025 02:54
Last Modified: 18 Dec 2025 02:54
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1306

Actions (login required)

View Item View Item