Perancangan Web Learning di SMK N 4 Payakumbuh

Chindy Monica, 2515099 (2019) Perancangan Web Learning di SMK N 4 Payakumbuh. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
b0dca-27.chindy_monica_2515099 cover.pdf

Download (33kB)
[img] Text
b0dca-27.chindy_monica_2515099 abstrak.pdf

Download (276kB)
[img] Text
b0dca-27.chindy_monica_2515099 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlu adanya media pembelajaran online bagi guru dalam membantu proses pembelajaran, karena sekolah tersebut sudah mempunyai fasilitas yang memadai, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Dalam kegiatan pembelajaran dalam menyampaikan materi khususnya pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis di kelas X guru menggunakan media pembelajaran yang kurang bervariasi, sehingga siswa kurang semangat dalam proses pembelajaran. Mengakibatkan terjadinya kesulitan baik guru maupun siswa dalam melakukan proses pembelajaran secara efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana rancangan web learning pada SMK N 4 Payakumbuh yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis RnD, Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) versi ADDIE (Analyze, Design, Develpoment, Impelentation, Evaluation). Model pengembangan sistem yang digunakan adalah model Waterfall dengan lima tahap yaitu, Definisi persyaratan, Perancangan sistem dan perangkat lunak, Implementasi dan pengujian unit, Integrasi dan pengujian sistem, Operasi dan pemeliharaan. Uji produk yang digunakan yaitu Uji Validitas, Uji Praktikalitas, Uji Efektifitas. Hasil dari penelitian perancangan Web Learning yang dapat digunakan oleh Admin, dengan user (Guru dan Siswa). Sedangkan uji validitas, dari 5 orang, 3 Ahli Program dan 2 Ahli Pendidikan diperoleh nilai 0,93 yang dinyatakan valid (berdasar perhitungan validitas dengan formula aiken’s), sedangkan untuk uji praktikalitas dari 4 orang praktisi diperoleh nilai 93 yang dinyatakan sangat praktis, dan untuk uji efektifitas dari 15 orang siswa diperoleh nilai 0,91 yang dinyatakan Efektifitas sangat tinggi.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Web Learning, Waterfall, ADDIE
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:43
Last Modified: 08 Jul 2025 08:43
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item