Harum Tri Sari, 2515025 (2019) Perancangan Aplikasi Mobile Learning Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan Kelas XI Perbankan di SMK N 1 Payakumbuh. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
04805-bab-1-5-harum-tri-sari cover.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
04805-bab-1-5-harum-tri-sari full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik Kelas XI Perbankan di SMK N 1 Payakumbuh yang pergi PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) yang menyebabkan mereka tidak dapat hadir ke Sekolah setiap hari, sehingga pemberian materi dan tugas dari Guru mata pelajaran Pendidikan Kewirausahaan menjadi terkendala. Pemberian tugas yang masih menggunakan aplikasi WhatsApp dan dikumpulkan dalam bentuk kertas atau paper, sehingga menyebabkan tugas siswa tersebut rentan hilang, siswa tidak tepat waktu mengumpulkannya, dan menjadi bertumpuk di atas meja Guru. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan Aplikasi Mobile Learning Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan Kelas XI Perbankan di SMK N 1 Payakumbuh dan untuk mengetahui tingkat validitas, praktikalitas, dan efektifitas dari aplikasi ini. Tujuan aplikasi mobile learning yakni, untuk mempermudah belajar siswa di mana dan kapan pun. Karena memiliki karakteristik yang praktis di bawa kemanapun, maka mobile learning memiliki ketertarikan tersendiri. Dengan mobile yang terkoneksi dengan internet. Hal inilah yang mebuatnya makin menarik untuk dicoba. Berdasarkan dari latar belakang tersebut, penulis ingin merancang Aplikasi Mobile Learning Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan Kelas XI Perbankan di SMK N 1 Payakumbuh dan untuk mengetahui tingkat validitas, praktikalitas, dan efektifitas dari aplikasi ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau dikenal juga dengan istilah Research And Development (R&D) versi ADDIE, yaitu Analyze, Design, Development, Implement and Evaluate. Model pengembangan yang aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan air terjun atau waterfall yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Communication, Planning, Modeling, Construction, Deployment. Uji produk yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, praktikalitas dan efektifitas. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis berhasil membuat produk rancangan Aplikasi Mobile Learning Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan Kelas XI Perbankan Di SMK N 1 Payakumbuh. Hasil uji validitas yang dilakukan oleh ahli komputer menunjukkan bahwa aplikasi yang dirancang dinyatakan valid dengan nilai 0,81. Uji praktikalitas yang dilakukan pihak sekolah menunjukkan bahwa aplikasi yang dirancang dinyatakan sangat praktis dengan nilai 90. Dan uji efektifitas yang dilakukan oleh siswa menunjukkan bahwa aplikasi yang dirancang dinyatakan sangat efektif dengan nilai 0.92. Secara umum disimpulkan bahwa produk penelitian ini disarankan dapat diterapkan di SMK N 1 Payakumbuh. Kata Kunci : Aplikasi, Mobile Learning, dan telpon seluler (smartphone)
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 14:53 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 14:53 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/154 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |