Elfianis, 2112151 (2018) Prosedur Guru Memotivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMKN 1 Bonjol Kabupaten Pasaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berawal dari observasi penulis pada SMKN 1 BONJOL KABUPATEN PASAMAN. Penulis menemukan guru kurang memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar pendidikan agama islam. Hal ini berdampak pada siswa kurang semangat mengikuti, mendengarkan, dan memperhatikan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hanya sebagian siswa yang bersemangat dan memperhatikan guru menjelaskan pembelajaran. Oleh karena itu, penulis ingin melihat bagaimana cara guru memotivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam kelas X Otomotif 1 di SMKN 1 BONJOL KABUPATEN PASAMAN. Penelitian ini bersifat Field Research ( penelitian lapangan ) dengan menggunakan deskriptif kualitatif, menggambarkan kejadian yang terdapat di lapangan yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang bisa diamati, teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data dan informan penelitian terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Informan kuncinya adalah guru PAI kelas X sedangkan yang menjadi informan pendukung adalah guru PAI kelas XI dan siswa kelas X Otomotif 1 SMKN 1 BONJOL KABUPATEN PASAMAN. Setelah data terkumpul maka penulis melakukan analisis data dengan cara menggunakan metode berfikir induktif. Pelaksanaan teknik pemeriksaan data dilakukan melalui triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah memberikan input kepada guru untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam kelas X Otomotif 1 di SMKN 1 BONJOL KABUPATEN PASAMAN. Cara memotivasi dengan langkah menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan hadiah berupa material dan non material, memberikan ulangan baik secara lisan maupun tulisan, memberikan hukuman dengan menambah tugas / resume, menumbuhkan hasrat siswa untuk belajar pendidikan agama Islam dengan memberikan nasehat dan pentingnya PAI, serta memberikan bimbingan kepada siswa dengan melakukan pendekatan secara pribadi serta memberikan motivasi pada siswa sebelum dan sesudah pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:54 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:54 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |