Suharjo, 2114128 (2018) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Inklusi Di SD Al-Azhar Kota Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
7860d-skripsi-suharjo.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini terkait dengan tidak adanya perbedaan terhadap proses pembelajaran antara anak tanpa berkebutuhan khusus (ATBK) dengan anak berkebutuhan khusus (ABK). Disamping itu antara anak tanpa berkebutuhan khusus dengan anak berkebutuhan khusus saling berkomunikasi dan belajar bersama. Di dalam proses belajar mengajar anak berkebutuhan khusus membutuhkan layanan khusus dibantu oleh guru pendamping khusus (GPK), ini disebabkan karena anak berkebutuhan khusus mengalami hambatan dalam belajar dan perkembangan termasuk dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Al-Azhar Kota Bukittinggi. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan gambaran tentang bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Inklusi Di SD Al-Azhar Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis pendekatan kualitatif (qualitatife research) yaitu penelitian mendeskripsikan dan menganalisis fenomena peristiwa. Pengolahan data dilakukan dengan cara penyelesaian jawaban informan yang sesuai dengan penelitian ini, informan kunci dalam penelitian ini adalah guru PAI dan informan pendukungnya adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan anak berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perencanaan di dalam pendidikan agama Islam melalui pendidikan inklusi kelas II dan IV SD Al- Azhar Kota Bukittinggi menggunakan rancangan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, kemampuan dan karakteristik siswa, serta mengacu kepada kurikulum yang berlaku dengan berbagai modifikasi. Sedangkan evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses dan tindak lanjut dari hasil penilaian yaitu pengayaan dan remedi. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam kelas II dan IV SD Al-Azhar Kota Bukittinggi dalam proses pembelajaranya menyatukan siswa ATBK dengan ABK (kelas Penuh) dibawah pengawasan guru kelas dan guru pendamping khusus. RPP yang digunakan adalah RPP reguler yang dimodifikasi. Metode pembelajaran yang seringkali digunakan adalah ceramah, hafalan, tanya jawab, dan demonstrasi. Sedangkan media pembelajaran yang biasa dipakai adalah alam dan media animasi. Materi yang diajarkan meliputi Al Quran, Aqidah, Akhlak, Fiqih, dan Tarikh.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Inklusi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:54 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:54 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/187 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |