Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 2 Kubung Kabupaten Solok

Marini, 2114106 (2018) Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 2 Kubung Kabupaten Solok. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover marini.pdf

Download (18kB)
[img] Text
abstrak marini.pdf

Download (30kB)
[img] Text
fulltext marini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Maksud penelitian ini adalah untuk melihat apakah Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here lebih baik daripada pembelajaran konvensional Pada Mata Pelajaran PAI. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Kubung Kab. Solok. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam hanya berpusat satu arah saja. Sehingga guru belum dapat mendekatkan siswa dalam pengalaman belajarnya dan siswa masih kurang dalam mengemukakan kemampuan berfikir secara kritis, kreatif, mengontruksi pengetahuannya. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 2 Kubung Kab. Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah kelas VIII di SMPN 2 Kubung Kabupaten Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, sedangkan metode penelitian adalah eksperimen semu (Quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 2 Kubung Tahun Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling. Hasil penelitian pembelajaran PAI dengan strategi pembelajaran Everyone Is A Teachere Here memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Terlihat pada tes akhir, rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa pada kelas eksperimen adalah 82,70 sedangkan pada kelas kontrol rata-ratanya adalah 73,4. Berdasarkan uji hipotesis dengan bantuan Software Minitab, pada = 0,05 didapatkan DF = 32, T-Value = 2,39 diperoleh nilai P-Value 0,023. Karena nilai P-Value < ? , maka hipotesis statistik 1 1 2 H : ? ? ? diterima, dengan kata lain 0 1 2 H : ? ? ? ditolak. Jadi, hipotesis penelitian diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan strategi Everyone Is A Teachere Here lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PAI materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah kelas VIII di SMPN 2 Kubung Kabupaten Solok.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:17
Last Modified: 17 Jul 2025 07:17
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item