Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Ibadah Siswa Melalui Buku Monitoring PAI di SMA Negeri 1 Palembayan

Pitri Rahmiwati, 2114151 (2018) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Ibadah Siswa Melalui Buku Monitoring PAI di SMA Negeri 1 Palembayan. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover pitri.pdf

Download (54kB)
[img] Text
abstrak pitri.pdf

Download (54kB)
[img] Text
1ea33-skripsi-pitri-rahmiwati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Maksud dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan gambaran tentang strategi apa yang dipakai oleh guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Palembayan. Adapun yang memotivasi penulis melakukan penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi siswa yang krisis terhadap akhlak, sehingga banyak siswa yang melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, maka diperlukan sebuah strategi untuk mengatasi krisis tersebut agar siswa tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina Ibadah siswa melalui buku monitoring PAI di SMA Negeri 1 Palembayan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan Ibadah siswa melalui buku monitoring PAI di SMA Negeri 1 Palembayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilapangan kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. Selanjutnya dilakukan penyajian data untuk dapat ditarik kesimpulannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi yang dipakai oleh guru pendidikan agama Islam dalam membina Ibadah siswa melalui buku monitoring PAI di SMA Negeri 1 Palembayan yaitu: strategi langsung diantaranya pendekatan personal, pembiasaan, memberikan teladan, kompetisi dan kedisiplinan, strategi secara tidak langsung diantaranya pengawasan, hukuman dan hadiah, dan melalui penggunaan buku monitoring PAI diantaranya mengadakan kegiatan keagamaan seperti shalat zuhur berjamaah serta membaca alquran, pihak orang tua siswa memiliki peranan penting untuk meningkatkan dan membimbing siswa dalam melaksanakan kegiatan keagamaan yang ada dalam buku monitoring PAI dan kegiatan yang tidak ada dalam buku monitoring. Faktor pendukung pembinaan Ibadah siswa yaitu kerjasama antara kepala sekolah dengan guru, adanya keinginan yang kuat dari siswa, dan adanya dukungan dari orang tua. Faktor penghambat penerapan strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa melalui buku monitoring PAI yaitu masih kurangnya kesadaran dari siswa, faktor pergaulan dan sarana yang kurang memadai.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:36
Last Modified: 18 Jul 2025 03:36
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item