Warnidawati, 2613243 (2019) Hubungan Etika Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 2 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
87330-6-warnidawati cover.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
87330-6-warnidawati abstrak.pdf Download (506kB) |
![]() |
Text
87330-6-warnidawati full.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan fenomena yang penulis temui di lapangan terdapatnya kesenjangan antara etika belajar siswa dengan prestasi belajar siswa yang diperolehnya. Hal ini terlihat dari beberapa orang siswa memiliki etika belajar seperti kurang memperhatikan guru menerangkan pelajaran, ujian tidak jujur, memiliki komitmen belajar dan kesungguhan belajar yang rendah tetapi ia mendapatkan prestasi belajar yang cenderung tinggi dan itu terlihat dari nilai rapor. Beberapa nilai mata pelajaran nilainya di bawah batas KKM, dan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara etika belajar dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini tergolong pada penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yaitu menghubungkan dua buah variabel yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 X Koto sejumlah 160 orang, sampel penelitian sejumlah 40orang siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen angket dengan skala likert dan dokumentasi, serta teknik analisis data menggunakan statistik sederhana. Pengkorelasian variabel penelitian menggunakan rumus r product moment dan koefisien determinasi. Pengolahan data dengan menggunakan Statistical Spearman and Service Solution (SPSS) versi 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara etika belajar dengan prestasi belajar siswa. Hasil ini terlihat dengan diketahui nilai sebesar 0,347, sementara itu dengan degree of freedom (df) 38 adalah 0,320 pada taraf signifikansi 0,05 yang berarti bahwa > , sehingga hipotesis penelitian Ha diterima dan Ho ditolak dan korelasi yang diperoleh adalah 0,347 terletak antara 0,20-0,399, maka diperoleh suatu interpretasi bahwa etika belajar memiliki hubungan yang lemah atau rendah dengan prestasi belajar siswa. Tetapi tetap saja memberikan keterkaitan hubungan dengan prestasi belajar, yaitu besarnya korelasi yang ditimbulkan oleh etika belajar didapat hasil koefisien determinasi 12,04% sedangkan sisanya 87,96% dipengaruhi oleh faktor lain.Jadi, dari hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa etika belajar dan prestasi belajar siswa di SMPN 2 X Koto Kabupaten Tanah Datar memiliki hubungan yang lemah atau rendah. Diharapkan kepada siswa SMPN 2 X Koto Kabupaten Tanah Datar untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan etika belajar yang baik agar memperoleh prestasi belajar yang tinggi.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Etika Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:01 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:01 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/199 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |