Firda, 2614126 (2019) Hubungan Pola Komunikasi Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Remaja di Jorong Surau Gadang Nagari Batu Bata Kecamatan Ampek Angkek. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
9222f-25.firda cover.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
9222f-25.firda abstrak.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
9222f-25.firda full.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan, bahwa ada sebahagian orangtua yang tidak mendengarkan cerita anaknya atau pun mendengarkan dengan setengah hati. Orangtua menyalahkan remaja apabila remaja mengkomunikasikan kesalahan yang mereka dan membandingkannya dengan saudara yang lain. Hal ini membuat remaja marah terhadap orangtua mereka sehingga menyebabkan pertengkaran antara remaja dan orangtua mereka. Sedangkan komunikasi merupakan sarana untuk membangun kecerdasan emosional remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar hubungan pola komunikasi orangtua dalam keluarga dengan kecerdasaan emosional remaja di Jorong Surau Gadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Sampel yang diambil yaitu seluruh remaja Madya yang berjumlah 44 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen (skala likert). Teknik analisis data menggunakan product moment dan dibantu aplikasi Statistic Packages For Social Science (SPSS) versi 22.0 for Windows. Dari penelitian ini diperoleh rxy sebesar 0.503, sementara dari rtabel degree of freedom (df) 42 diperoleh angka 0.304, pada taraf signifikan ? 0,05. Maka dapat diketahui bahwa > dari pada , sehingga dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara positif antara pola komunikasi orangtua dalam keluarga dengan kecerdaaan emosional remaja di Jorong Surau Gadang, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Angka indeks korelasi (rxy) 0,503 > dari pada yaitu 0,304 ini terletak antara 0,40-0,59 dapat diperoleh interpretasi bahwa pola komunikasi orangtua memiliki korelasi “sedang” dengan kecerdasaan emosional remaja di Jorong Surau Gadang. Angka tersebut menunjukan bahwa 25.3% pola komunikasi orangtua mempengaruhi kecerdasaan emosional remaja, dan selebihnya ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pola komunikasi orangtua maka akan tinggi pula kecerdasaan emosional remaja, dan sebaliknya makin rendah pola komunikasi orangtua maka makin rendah pula kecerdasaan emosional dialami remaja di Jorong Surau Gadang. Maka diharapkan pada orangtua hendaknya meningkatkan komunikasi pada anak, karena dengan komunikasi yang baik maka akan dapat meningkatkan kecerdasaan emosional siswa.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:28 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 08:28 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |