Konsentrasi Siswa Dalam Pembelajaran PAI di SMPN 1 Simpang Alahan Mati Pasaman

Fariz Desta Wandri, 2113045 (2018) Konsentrasi Siswa Dalam Pembelajaran PAI di SMPN 1 Simpang Alahan Mati Pasaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover fariz.pdf

Download (10kB)
[img] Text
abstrak fariz.pdf

Download (12kB)
[img] Text
4da22-fariz-desta-wandri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Konsentrasi merupakan sebagai suatu proses pemusatan pikiran suatu objek tertentu. Salah satu hal utama yang menentukan sukses atau tidaknya sesorang adalah kemampuaannya dalam melakukan konsentrasi secara maksimal, pada saat ia melakukan melakukan kegiatan pokok nya sehari-hari dan juga kegiatan pembelajaran sesuai dengan keinginannya mencapai suatu tujuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu dengan menggambarkan kejadian yang ada di lapangan secara sistematis. Informan kunci atau orang yang bertindak sebagai pemberi informasi dalam penelitian ini adalah guru PAI dan sedangkan yang menjadi informan pendukung adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Simpang Alahan Mati. Penulis mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data-data yang peneliti peroleh diolah dengan menggunakan teknik analisa data deskriptif dan triangulasi data, yaitu dengan membandingkan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa konsentrasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: 1) Faktor jasmaniah yang meliputi kesehatan fisik seseorang, kalau keshatan fisik sesorang itu harus fit baik guru maupun siswa itu harus dijaga agar selalu berkonsentrasi di dalam proses pembelajaran. 2) Faktor rohaniah yang meliputi ketenangan jiwa seseorang, ketenangan dan ketentraman jiwa sesorang sangat dibutuhkan agar selalu berkonsentrasi didalam melakukan sesuatu baik itu didalam kehidupan sehari-hari maupun didalam proses pembelajaran. 3) Faktor external yang berasal dari luar diri sesorang meliputi, suasana lingkungan yang bersih, lingkungan yang nyaman dan kebisingan susana kelas. Dari ketiga faktor tersebut dapat disimpulkan konsentrasi siswa tidak hanya dengan kondisi tubuh yang fit saja tetapi juga adanya ketenangan bathin yang terjaga memiliki perasaan senang selalu berpikiran positif dalam melakukan sesuatu serta lingkungan yang bersih, nyaman, tenang dan damai. Dalam penelitian ini dilakukan secara langsung dengan informan, dengan menggali apa yang menyebabkan seseorang konsentrasi dan bagaimana cara guru mengatasinya sesuai dengan pengalaman yang terjadi di lapangan. Peneliti sangat tertarik melakukan penelitian ini karena sukses atau tidaknya suatu pembelajaran tergantung pada tingkat kosentrasi siswa, kosentrasi secara maksimal akan sangat menentukan tercapai atau tidaknya suatu prestasi didalam diri seseorang.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Konsentrasi, Siswa, Pembelajaran PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 18 Jul 2025 08:36
Last Modified: 18 Jul 2025 08:36
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item