Kemampuan Siswa Kelas VIII Membaca Al-Qur'an pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTsM Alamanda

Lusia Safitri, 2114068 (2018) Kemampuan Siswa Kelas VIII Membaca Al-Qur'an pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTsM Alamanda. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover lusia.pdf

Download (11kB)
[img] Text
abstrak lusia-safitri.pdf

Download (16kB)
[img] Text
132ba-lusia-safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di Kelas VIII.B di MTsM Alamanda. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan yaitu, beberapa siswa kelas VIII.B MTsM Alamanda yang masih kesulitan dalam membaca al-Qur’an dan tidak sesuai dengan kaidah tajwid yang benar, kesulitan dalam menghafal ayat yang berkaitan dengan materi pelajaran. Fokus Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa kelas VIII.B dalam membaca al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam hal ahkamul huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VIII.B membaca al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang terjadi di lapangan secara sistematis yang digambarkan dalam bentuk angka-angka dan dijelaskan dalam bentuk deskriptif. Populasi dan sampel adalah siswa kelas VIII.B di MTsM Alamanda yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, diketahui bahwa kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an sesuai dengan ahkamul huruf karena setelah penulis melakukan penelitian melalui tes dalam hukum bacaan ra’ dan lam terhadap siswa maka penulis menemukan hasil dilakukan dengan baik dengan hasil persentase 36%, membaca dengan hukum nun mati/tanwin dilakukan dengan kurang baik dengan hasil persentase terendah yaitu 28%, sedangkan membaca dengan mim mati dilakukan dengan sangat baik dengan hasil persentase tertinggi yaitu 52% dan membaca dengan mim dan nun bertasyidid dilakukan dengan cukup baik dengan hasil persentase 32%.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Membaca Al-Qur’an , Al-Qur’an Hadits
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:35
Last Modified: 21 Jul 2025 04:35
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item