Vinda Aryyanti, 2614050 (2019) Pengaruh Pemberian Layanan Penguasaan Konten terhadap Kreativitas Belajar Siswa di SMPN 6 Lubuk Basung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
1ae33-bab-i-5-1- cover.pdf Download (956kB) |
![]() |
Text
1ae33-bab-i-5-1- abstrak.pdf Download (959kB) |
![]() |
Text
1ae33-bab-i-5-1- full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Layanan penguasaan konten yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) memahami dan mengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, keterampilan dan materi belajar yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya, serta tuntutan kemampuan yang berguna dalam kehidupan dan perkembangan dirinya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh standar kompetensi dasar, kurangnya kreativitas belajar siswa dikelas VII, belum terlaksananya Layanan Penguasaan Konten dikelas VII. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Layanan Penguasaan Konten Terhadap Kreativitas Belajar Siswa kelas VIIB di SMPN 6 Lubuk Basung, mengetahui besarnya pengaruh Pemberian Layanan Penguasaan Konten Terhadap Kreativitas Belajar Siswa kelas VIIB di SMPN 6 Lubuk Basung dan untuk mengetahui Pretest Posttest Pemberian Layanan Penguasaan Konten Terhadap Kreativitas Belajar Siswa kelas VIIB di SMPN 6 Lubuk Basung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuntitatif eksperimen dengan metode one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Lubuk Basung yang berjumlah 71 orang. Sampel dalam pengambilan ini adalah 24 orang yang terdiri dari kelas VIIB. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket dengan teknik pengukur skala Likert. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, yaitu dengan menggunakan layanan penguasaan konten untuk mengatasi masalah siswa yang kreativitas belajarnya rendah di SMPN 6 Lubuk Basung, maka diperoleh hasil gambaran pretest eksperimen dengan jumlah sampel 24 orang siswa paling banyak terdapat pada kategori tinggi sebanyak 10 siswa (41,66%). Gambaran posttest kreativitas belajar siswa setelah eksperimen dengan jumlah sampel 24 orang siswa paling banyak terdapat pada kategori sedang sebanyak 11 siswa (45,83%). Pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kreativitas belajar siswa dilihat dari nilai t hitung sebesar 11,988 dengan df sebesar 23 atau sama dengan (n-1) dihasilkan sig 0,000. Sig 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05. Karena Thitung sebesar 11,988 lebih besar dari Ttabel sebesar 2,069, maka dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa kelas VIIB di SMPN 6 Lubuk Basung.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:14 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:14 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |