Hainul Husna, 2114073 (2018) Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PAI Tingkat MTS Ponpes Tahfizul Qur’an Mu’allimin (PPTQ-M) Muhammadiyah Pakan Sinayan Kanagarian Kamang Tangah Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover husna.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
abstrak husna.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
888e9-husna.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah penelitian dilatar belakangi sebuah fakta di Ponpes Tahfizul Qur’an Mu’allimin (PPTQ-M) Muhammadiyah Pakan Sinayan dalam menerapkan kurikulum 2013 belum optimal. Menjalankan kurikulum 2013, tetapi Ponpes Tahfizul Qur’an Mu’allimin (PPTQ-M) Muhammadiyah Pakan Sinayan mengguanakan kurikulum Irisan yang mana memadukan dua kurikulum antara kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013 dalam kegiatan pembelajaran di tingkat MTS.Seharusnya Ponpes Tahfizul Qur’an Mu’allimin (PPTQ-M) Muhammadiyah Pakan Sinayan menggunakan satu kurikulum yang jelas yaitu kurikulum 2013, bukan memakai dua kurikulum sekaligus dalam menjalankannya. Karena itu penulis tertarik melakukan kajian bagaimana penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI tingkat MTS Ponpes Tahfizul Qur’an Mu’allimin (PPTQ-M) Muhammadiyah Pakan Sinayan. Penelitian ini menggunakan metode kualitataif bersifat deskriptif. Informan ditetapkan dengan tekhnik snowball sampling yang meliputi waka kurikulum MTS, waka kurikulum MA, guru-guru PAI (Akidah Akhlak, SKI, Fiqh, Al-Qur’an Hadis) serta pihak-pihak yang terlibat lansung dalam penerapan kurikulum 2013 dalam mata pelajaran PAI tingkat MTS. Data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah itu data dikumpulkan. Kemudian dilakukan teknik analisa data dengan menelaah seluruh data, menggunakan reduksi data, mengategorikan data dan kemudian menganalisa jawaban. Kemudian digunakan rencana pengujian keabsahan data dengan cara teknik triangulasi data, kemudian digunakan teknik penulisan yaitu deskripsi. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, secara perundang-undangan Ponpes Tahfizul Qur’an Mu’allimin (PPTQ-M) Muhammadiyah Pakan Sinayan sudah memakai kurikulum 2013, tetapi secara prakteknya belum optimalnya menerapkan kurikulum 2013 namun Ponpes Tahfizul Qur’an Mu’allimin (PPTQM) Muhammadiyah Pakan Sinayan menerapkan Kurikulum Irisan dalam pembelajaran. Kedua, secara peraturan guru-guru PAI tingkat MTS Ponpes Tahfizul Qur’an Mu’allimin (PPTQ-M) Muhammadiyah Pakan Sinayan sudah menerapkan metode kurikulum 2013 namun secara prakteknya hanya memakai dua metode atau tiga metode saja seperti metode ceramah, metode tanya jawab dan metode tauladan.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Kurikulum 2013, PAI, Ponpes Tahfizul Qur’an Mu’allimin |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:24 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:24 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |