Mifta Hul Husna, 2614020 (2019) Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Menjaga Azas Kerahasiaan di SMA.S Taruna Bangsa Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
c1ee6-13.mifta-hul-husna cover.pdf Download (619kB) |
![]() |
Text
c1ee6-13.mifta-hul-husna abstrak.pdf Download (622kB) |
![]() |
Text
c1ee6-13.mifta-hul-husna full.pdf Restricted to Repository staff only Download (884kB) | Request a copy |
Abstract
uru bimbingan konseling seharusnya memberikan kepercayaan terhadap siswa agar siswa dapat terbuka dalam mengungkapkan masalah. Guru bimbingan konseling juga mampu menjaga segala data yang harus dirahasiakan. Penelitian ini beranjak dari fenomena yang dialami oleh siswa enggan menyampaikan permasalannya ke guru bimbingan konseling karena takut semua orang mengetahui permasalahnnya, siswa enggan menemui guru bimbingan konseling, seolah-olah pandangan siswa, guru bimbingan konseling itu adalah polisi sekolah dan siswa kurang memiliki kepercayaan tentang masalah yang akan diceritakan kepada guru bimbingan konseling di SMA.S Taruna Bangsa Bukittinggi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru bimbingan konseling dalam menjaga azas kerahasiaan. Untuk membahas permasalahan di atas, penulis melakukan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan redukasi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh diuji keabsahannya dengan triangulasi data. Informan kunci dalam penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan konseling dan informan pedukung dari siswa dan guru mata pelajaran. . Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dalam menjaga azas kerahasiaan adalah guru bimbingan konseling melakukan : 1. layanan dasar menggunakan strategi layanan informasi dengan strategi kontrak, janji konselor dan kotak masalah agar terjaganya kerahasiaan secara baik, 2. layanan responsif strategi yang digunakan konseling individu, menggunkan strategi janji konselor dan kontrak sehingga dengan strategi tersebut membuat siswa memahami untuk jujur dan terbuka dalam mengungkapkan masalah. 3. Layanan penguasaan konten menggunakan strategi kontrak dan kotak masalah agar azas kerahasiaan terjaga secara baik. 4. perencanaan individual dengan menggunakan strategi penempatan penyaluran dengan menggunakan strategi strategi kontrak dan kerjasama guru mata pelajaran dan waka kurikulum.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:03 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 07:03 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |