Roza Yulinda, 2114207 (2018) Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI Di SMA S Pendidikan Siswa Minangkabau (PSM) Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover skripsi-roza-yulinda.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
abstrak skripsi-roza-yulinda.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
3c20b-skripsi-roza-yulinda.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengangkat tentang media audio-visual dalam pembelajaran PAI di SMA S Pendidikan Siswa Minangkabau (PSM) Bukittinggi. Media audio visual merupakan media yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses atau kegiatan. Contoh media audio visual adalah film, video, program TV, slide suara (sound slide) dan lain-lain. Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di sekolah yaitu di sekolah ini sudah menggunakan media audio-visual dalam belajar, namun media tersebut belum maksimal digunakannya karena masih ada diantaranya siswa meribut, bahkan ada diantaranya yang keluar masuk dalam jam belajar khususnya kelas X IPS. Ketika guru PAI ini menggunakan media audio visual, guru sudah memahami bagaimana penggunaannya, walaupun kadangkadang guru ini mengambil media yang akan ditampilkan di internet, kalau untuk memakai media yang manual biasanya guru ini membuatnya sendiri seperti media karton. Serta tidak semua materi pembelajaran cocok disampaikan dengan media audio-visual. Adapun penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan penerapan media audio-visual dalam pembelajaran PAI di SMA S Pendidikan Siswa Minangkabau (PSM) Bukittinggi. Penelitian ini bersifat field research (penelitian lapangan) dengan mengunakan metode deskriptif kualitatif, adapun teknik pengumpulan datanya melalui wawancara dan observasi. Adapun yang menjadi informan kuncinya adalah guru PAI, dan yang menjadi informan pendukungnya adalah kepala sekolah dan siswa kelas X IPS. Kemudian penulis melakukan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, dengan melakukan reduksi data, display data dan verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data penulis mengunakan Trianggulasi data. Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan di peroleh bahwa, penerapan media audio visual dalam pembelajaran PAI sudah diterapkan oleh guru walaupun masih ada diantara siswa yang meribut di dalam kelas, dan kurangnya sarana prasarana di dalam kelas. Adapun bentuk penerapan media audio visual dalam pembelajaran PAI yaitu: Persiapan guru seperti membuat RPP, menyediakan alat yang digunakan untuk menyampaikan media audio-visual seperti infokus, Membangkitkan kesiapan siswa dengan memberikan stimulusstimulus kepada siswa untuk merangsangnya supaya tidak meribut dalam mendengarkan materi audio visual, Mendengarkan materi audio-visual, Diskusi (membahas) materi program audio-visual, Menindaklanjuti program dengan memberikan latihan kepada siswa.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:01 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:01 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |